Sunday, June 12, 2011

TMNT (2007)

TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtles) merupakan sebuah film animasi CGI ditahun 2007 yang ditulis dan disutradarai oleh Kevin Munroe. Film yang diadaptasikan dari buku komik Teenage Mutant Ninja Turtles ciptaan Kevin Eastman ini merupakan instalmen keempat dari seri film aslinya. Ini adalah film pertama dari franchise Teenage Mutant Ninja Turtles yang dibuat dengan teknologi CGI oleh Imagi Animation Studios, dan dirilis pada tanggal 23 Maret 2007 di beberapa negara Eropa Timur dan Asia, pada tanggal 23 Maret 2007 di Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat, dan pada tanggal 5 April 2007 di Australia dan di sejumlah negara lain. Film ini menampilkan empat karakter pahlawan Turtles (kura-kura), yang diisi suarakan oleh James Arnold Taylor, Mitchell Whitfield, Nolan North, dan Mikey Kelley. Juga ditemani oleh dua teman manusianya yang diisi suarakan oleh Chris Evans dan Sarah Michelle Gellar.

Alur Cerita

3000 tahun yang lalu sebelum abad ke-21, Panglima Perang bernama Yaotl bersama empat orang Jenderal-nya telah mempelajari bintang mitologi yang dikenal sebagai bintang Kikan. Bintang tersebut bisa membuka portal ke dunia pararel yang diketahui memiliki kekuatan besar. Setelah portal terbuka, Yaotl terkena kekuatan ini dan dia menjadi abadi, namun empat Jenderal lainnya berubah menjadi batu. Dari portal ini juga, telah lepas 13 Monster abadi yang telah menghancurkan pasukan Yaotl. Setelah itu, Monster melarikan diri ke Bumi, dan hanya Yaotl yang selamat di medan perang karena dia tidak bisa mati.

Film ini kemudian terpotong menuju abad ke-21. Teenage Mutant Ninja Turtles telah hidup terpisah. Setelah kekalahan Shredder, Guru Splinter (Mako) telah mengirim Leonardo (James Arnold Taylor) pergi ke pedalaman Amerika untuk menjalani pelatihan. Ketiga Turtles lainnya justru asyik dengan kesibukannya di New York,
Donatello
(Mitchell Whitfield) bekerja sebagai tekhnikal TI dan telah menjadi pimpinan de facto, Michelangelo (Mikey Kelley) bekerja sebagai penghibur pesta ulang tahun anak-anak yang dijuluki dengan "Cowabunga Carl", dan hanya Raphael (Nolan North) yang tetap berusaha memerangi kejahatan pada malam hari yang mengganti identitasnya sebagai Nightwatcher.

April (Sarah Michelle Gellar), yang sekarang bekerjasama dengan sebuah perusahaan untuk mencari artefak dengan dibantu oleh pacarnya Casey (Chris Evans). Saat dalam perjalanan bisnisnya, April bertemu dengan Leonardo, dia kemudian menyarankan untuk kembali ke New York, tetapi Leo tidak bisa karena belum menyelesaikan pelatihan yang ditugaskan oleh gurunya. April kemudian mengatakan kepadanya bagaimana Turtles lainnya terhanyut karena terpisah darinya. April kemudian meninggalkan Leo untuk merenungkan kembali apa yang telah disampaikannya. April kembali ke New York dengan membawa patung batu (patung Jenderal yang telah menjadi batu 3000 tahun silam), untuk kliennya, Max Winters (Patrick Stewart), seorang CEO Perusahaan Winterscorp. April dan Casey mengirimkan patung tersebut ke kantor perusahaan Winters, setelah itu mereka pergi. Winters kemudian dikunjungi oleh Karai (Ziyi Zhang) dan para Klan Foot, yang ia sewa untuk menjelajahi kota untuk mencari 13 Monster, yang akan digunakan untuk membuka portal ke dimensi lain. Sementara itu, Winters berusaha membuat hidup Jendral-nya dengan sebuah teknologi, tetapi mereka tetap menjadi batu.

Sekembalinya Leo dari pelatihan, dia langsung menghadap gurunya. Splinter menginginkan dia untuk menyatukan saudara-saudaranya sebagai sebuah keluarga, dan melarang Turtles melakukan pertempuran sampai mereka dapat kembali menjadi sebuah tim lagi. Saat pelatihan, Turtles bertemu dengan salah satu dari 13 monster yang berjuang melawan Klan Foot. Melihat Foot kalah dalam pertempuran, Turtles melupakan pesan gurunya dan melibatkan mereka di pertarungan melawan Monster. Monster dengan mudah mengalahkan Turtles, namun sebelum dapat membunuh mereka, empat Jenderal Batu datang dan menangkap Monster tersebut, Turtles kemudian meninggalkan tempat itu.

Keesokan paginya, Leo dan Raph bertengkar, dan Splinter memarahi Turtles karena tidak mematuhi dirinya setelah tahu mereka penyebabkan kerusakan karena bertarung dengan Monster. Raphael keluar dengan marah kepada Leo, dia menuju apartemen April untuk bertemu Casey. Saat Raphael ingin memberitahu apa yang terjadi, mereka bertemu dan menghadapi salah satu monster, dan menyaksikan Foot dan Jenderal Batu menangkap Monster itu. Raph terkena sebuah panah yang ditembakkan oleh ninja Foot.

Mereka dikejar oleh salah satu Jenderal Batu hingga helikopter polisi datang dan membuat Jenderal meninggalkan tempat. Casey membawa Raph yang pinsan ke apartemennya, sementara April memanggil Turtles untuk memberitahu tentang Raph. Saat memeriksa Raph, mereka belajar identitas sebenarnya dari Winters dan Jenderal Batu. Setelah itu, Raph menyarankan mereka untuk mengejar Winters, namun Leo mengatakan tidak akan pergi kemana-mana sebelum mereka mendapatkan ijin dari Splinter. Setelah berdebat dengan Leo, Raph pergi untuk menyelidikinya sendiri memakai identitasnya sebagai Nightwatcher.

Leo, Donny, dan Mikey kembali ke rumah untuk merencanakan langkah mereka selanjutnya, di mana Donny menemukan bahwa portal menuju dunia pararel akan terbuka tepatnya di atas menara Winters. Splinter memanggil Leo dan mengatakan bahwa timnya tidak lengkap, dan ia tahu apa yang harus dilakukan.

Sementara itu, 11 Monster telah ditangkap, dan Jenderal Batu mempertanyakan tindakan Winters. Mengetahui bahwa Winters berencana untuk mengkhianatinya, para Jenderal bersekongkol untuk berbalik mengkhianati Winters karena mereka ingin tetap menjadi abadi, dan mereka tak ingin Monster terakhir sampai ditemukan. Sementara itu, Raphael sebagai Nightwatcher menemukan salah satu Monster yang tersisa di restoran, tapi dia berhasil dibuat kewalahan oleh Monster. Leo kemudian menemukan Nightwatcher di restoran itu dan mengejarnya. Leo menyudutkannya, lalu keduanya terlibat dalam perkelahian. Leo dapat membuka helm Nightwatcher sambil memberikan sebuah pukulan ke wajahnya, dan Leo baru tahu dia adalah Raph. Berdebat lagi dan akhirnya mereka berduel, dan Raph dapat mengalahkan Leo dengan mematahkan sepasang pedang katana-nya dengan sepasang sai-nya, Raph marah karena Leo telah meninggalkan mereka pada saat dibutuhkan, dia lalu meninggalkannya sendiri di tempat itu. Jenderal Batu tiba dan kemudian menangkap Leo, berniat untuk menggantikan dia sebagai sisa Monster yang hilang. Raph mengetahui dan kembali berusaha untuk menyelamatkan Leo, tapi dia terlambat.

Raph kemudian menghadap Splinter mengungkapkan perkelahiannya dengan Leo, dan dia memutuskan untuk membuat perubahan dengan menyelamatkan Leo. Setelah itu Splinter dan Turtles, beserta Casey dan April menuju ke menara Winters. Saat portal terbuka, Winters menemukan pengkhianatan para Jenderal-nya dan memohon mereka untuk membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan 3000 tahun yang lalu, tapi mereka menolak. Turtles bersama dengan April, Casey, dan Splinter mencoba masuk ke dalam menara, dan Winters tersingkir oleh para Jenderal-nya dengan melempar dia sampai pingsan, tapi ia cepat mendapat kesadarannya kembali. Dia kemudian mengungkapkan kebenarannya kepada para pahlawan, kalau dia ingin mengembalikan semua 13 Monster menuju portal sehingga ia akan bebas dari kutukan keabadiannya. Jenderal kemudian mengatakan bahwa mereka ingin melestarikan keabadian mereka, juga membuka kembali portal dan membawa Monster lainnya untuk menghancurkan Bumi.

Setelah itu, April, Casey, dan Klan Foot memutuskan untuk bekerja sama dan mencari Monster terakhir, Turtles melawan para Jenderal Batu, sedangkan Splinter dan Winters melawan Monster lain yang muncul dari portal yang terbuka. Setelah pertempuran panjang, April, Casey, dan Karai menuju menara dengan membawa Monster terakhir di belakangnya. Monster mengamuk dan tak sengaja menabrak para Jenderal Batu, mendorong mereka masuk kedalam portal. Dengan demikian, Para Jenderal menjadi manusia lagi dan berteriak karena mereka semua hancur di dalam portal. Portal tertutup, dan para pahlawan bersorak dalam kemenangannya.

TMNT Versi Indonesia

Film animasi yang berhasil meraih box office di tahun 2007 ini pernah ditayangkan perdana di Star Movies. Uniknya, film tersebut ditayangkan dalam dua bahasa, sehingga pemirsa televisi bisa memilih antara versi bahasa Indonesia dengan versi asli dalam bahasa Inggris. Dalam versi bahasa Indonesia, Leonardo disuarakan oleh Nicholas Saputra. Sementara aktor Surya Saputra juga ikut meminjamkan suaranya untuk karakter Raphael, ninja yang bersenjatakan sai. Untuk karakter Donatello, pemirsa akan mendengar suara yang sudah akrab di telinga mereka, dari penyiar radio dan mantan anggota band Club 80’s, Desta. Sedangkan karakter Michelangelo dihidupkan oleh Indra Bekti, presenter yang sudah tidak asing lagi bagi pemirsa televisi Indonesia. Deretan pengisi suara dalam film TMNT ini dilengkapi pula oleh hadirnya Julie Estelle sebagai April O’Neil, Fauzi Baadillah sebagai Casey Jones dan Kris Biantoro, pembawa acara yang sudah melegenda, mengisi suara karakter Guru Splinter, ayah dan guru tim Kura-kura Ninja yang bijaksana. Aktor senior Tio Pakusadewo pun turut serta menyumbangkan suaranya, dengan menampilkan sisi gelapnya sebagai karakter Max Winters, dan aktris muda berbakat, Atiqah Hasiholan menyuarakan karakter Karai yang misterius. Film ini juga menampilkan penampilan cameo dari dua anggota band Nidji. Rama, salah satu gitaris Nidji, menyuarakan karakter Diner Cook. Sementara Run-D (keyboardist), memberikan sentuhannya sebagai Jenderal Gato, seorang jenderal yang ganas.

(Sumber: kapanlagi.com, Wikipedia)