Thursday, June 9, 2011

Shark Bait (2006)

Shark Bait (The Reef) merupakan sebuah film animasi CGI ditahun 2006 yang disutradarai oleh Howard E. Baker bersama John Fox, dan ditulis oleh Scott Clevenger, Chris Denk, Anurag Mehta dan Timothy Wayne Peternel. Film ini dirilis di Korea Utara pada 10 Agustus 2006, dan dirilis melalui DVD di Amerika Serikat pada 9 September 2006. Film ini telah mendapat kritikan tajam karena terbukti meniru film-film lain seperti Finding Nemo (2003)Shark Tale (2004) dan The Little Mermaid (1989). Meskipun beberapa aktor dan komedian terkenal terlibat dalam pengisi suaranya, namun film ini gagal di box office.

Mengomentari film ini, efek animasi yang ditampilkan terlihat biasa-biasa saja. Tidak ada animasi yang sempurna yang ditampilkan dalam film ini. Dari segi cerita film ini cukup baik untuk tontonan keluarga. Terlebih pesan yang disampaikan sangat baik bagi anak-anak yang menonton. Namun, beberapa lelucon atau komedi yang ditampilkan nampaknya berusaha memplesetkan beberapa kata-kata ataupun kejadian di beberapa film Hollywood tidak akan mengena di hati para anak kecil yang menontonnya.
Beberapa kelucuan nampaknya justru tegas ditujukan kepada penonton dewasa. Mengisi suara dengan aktor dan aktris Hollywood sudah merupakan hal wajib dalam setiap film animasi buatan negeri paman Sam itu. Hanya, tidak ada greget yang dapat menambah poin dalam film ini.

Alur Cerita

Pisces, atau Pi (Jimmy Bennett), hidup bahagia bersama kedua orang tuanya, sampai perahu nelayan menjala mereka dari laut. Orang tuanya berhasil membantu Pi melarikan diri, namun mereka sendiri tidak dapat lolos dari jala. Sebelum berpisah, orang tuanya menyuruh Pi menuju ke The Reef untuk tinggal bersama bibinya, Pearl (Fran Drescher). Sementara Pi ditolong oleh teman mereka, si lumba-lumba dan anaknya Percy (Dylan Cash), dan tinggal bersama sampai tumbuh dewasa. Ketika sudah dewasa itulah, Pi (Freddie Prinze Jr.) berpisah dengan Percy (Trent Ford) dan ibunya untuk menuju ke The Reef mencari bibinya. Pi kemudian tinggal bersama bibi dan juga sepupunya, Dylan (Andy Dick) di terumbu eksotis, dan dia harus mencoba untuk mengorientasikan dirinya di dunia barunya ini. Pi kemudian jatuh cinta kepada Cordelia (Evan Rachel Wood), seekor ikan selebriti yang pernah tampil di sampul depan National Geographic.

Namun, Troy (Donal Logue), seekor hiu paling kejam di laut, tidak hanya menyiksa semua orang di komunitas The Reef, tetapi juga menyukai Cordelia. Pi juga mengetahui tentang Nerissa (Rob Schneider), seekor kura-kura tua pertapa bijak yang tinggal di kapal karam dan memiliki seni bela diri, yang menyebabkan rumor bahwa ia adalah penyihir.

Ketika Pi membantu Cordelia setelah terkena kail di siripnya, Cordelia mengajak dia untuk pergi ke teater dengannya. Setelah itu, mereka melihat bintang- bintang dan nyaris berciuman saat Troy datang mengetahuinya, dia marah dan mulai menyakiti Pi lebih buruk daripada sebelumnya, sampai Cordelia membuat kesepakatan dengan Troy untuk menolong Pi yakni, jika Troy tidak menyakiti Pi, dia akan melakukan apa saja untuknya, dia akan menikah (dalam hal ini, dilakukan ketika seekor ikan betina menerima mutiara dari pasangannya).

Ketika Pi mendengar hal ini, dia memutuskan untuk menghentikan Troy, dia meminta Nerissa untuk mengajarinya seni bela diri. Nerissa awalnya menolak, tapi Pi akhirnya dapat membuat dia setuju. Setelah menguasai seni bela diri, Pi dan teman-temannya memutuskan untuk bersama-sama menghentikan Troy.

Ketika Pi dapat membuat Troy kelelahan dan sempat mengejeknya, Troy tiba-tiba menyerangnya tanpa sepengetahuan Pi hingga dia tertimpa batu-batuan. Nerissa mencoba untuk menolong Pi, namun dia keburu diserang oleh Troy dan terluka parah. Cordelia, Dylan dan teman-teman Pi berusaha menolong Pi dari bebatuan tersebut, dan Pi berhasil membuat Troy mengejarnya, dan memancing dia masuk kedalam jala nelayan. Akhirnya Pi dinyatakan sebagai pahlawan oleh komunitas The Reef, dan dia menikahi Cordelia.