Friday, July 22, 2011

The Musketeer (2001)

The Musketeer merupakan sebuah film drama aksi petualangan ditahun 2001 yang disutradarai oleh Peter Hyams. Film yang ditulis oleh Gene Quintano ini diadaptasikan dari novel klasik berjudul The Three Musketeers karya Alexandre Dumas yang diterbitkan pada tahun 1844. Film ini diproduseri oleh Moshe Diamant dan dibintangi oleh Justin Chambers sebagai D'Artagnan, beserta bintang-bintang pendukung lainnya termasuk Catherine Deneuve, Tim Roth, Mena Suvari, Stephen Rea, Nick Moran dan Bill Treacher. Film yang dirilis pada tanggal 7 September 2001 ini didistribusikan di Amerika Serikat oleh Universal Pictures, dan di seluruh dunia oleh Miramax Films.

Diambil dari cerita gubahan Dumas, penulis legendaris yang juga menghasilkan sejumlah karya seperti The Count of Monte Cristo dan The Man in the Iron Mask (keduanya juga telah difilmkan). Untuk film ini, menghadirkan banyak adegan laga yang dicampur special-effect memukau. Sebagai daya tarik utama, ditampilkan Chambers sebagai D'Artagnan si jago pedang dan Suvari yang sebelumnya telah mencuri perhatian lewat American Pie (1999). Begitu juga sang sutradara Hyams, yang sebelumnya sukses menggarap End of Days (1999) dan The Relic (1997). Dan film ini merupakan yang ke-13 kalinya film yang diadaptasikan dari novel tersebut sejak tahun 1916 setelah The Three Musketeers (1993) yang menampilkan Charlie Sheen dan Kiefer Sutherland sebagai bintang utama.

Ringkasan Cerita

Pada abad ke-17 di Paris. Sebuah negara yang penuh pergolakan, pertikaian seolah tidak pernah berhenti yang disebabkan oleh perebutan kekuasaan antar kaum bangsawannya. Satu-satunya yang bisa dipercaya adalah pasukan pengawal Raja yang diberi nama Musketeers. Salah satu yang menjadi pengagum pasukan tersebut adalah D'Artagnan (Justin Chambers), yang khusus berangkat dari desa Gascogne untuk bergabung dengan Musketeers. Tidak cuma itu, ia juga punya misi lain yang tidak kalah penting yaitu menemukan siapa pria yang telah membunuh kedua orangtuanya 14 tahun silam.

D'Artagnan bersama mentornya, Planchet (Jean-Pierre Castaldi), melakukan perjalanan menuju ke Paris, pemuda ini mengalami banyak hal menegangkan mulai dari berhadapan dengan para penjahat hingga menemukan kenyataan bahwa semua kekacauan yang terjadi adalah berkat ulah dari kepala gereja, Kardinal Richelieu (Stephen Rea), yang membentuk pasukan kardinal yang dipimpin oleh si jahat Febre (Tim Roth) untuk melindungi kekuatannya. Oleh karena itu, D'Artagnan ingin menjadi musketeer, salah satu pelindung setia Raja Louis XIII (Daniel Mesguich). Satu- satunya harapan adalah dia harus menemui Athos (Jan Gregor Kremp), Portos (Steve Speirs) dan Aramis (Nick Moran), yang disebut sebagai pentolan Musketeers. Namun setelah mendapati ketiga orang yang dicari, D'Artagnan harus menerima kenyataan bahwa mereka bertiga telah berubah menjadi sekelompok pria yang telah putus asa dan kehilangan harapan. Hal itu disebabkan dua hal, pasukan Musketeers telah dibubarkan yang diganti oleh pasukan pengaman pribadi Richelieu, dan pemimpin mereka, Kapten Treville (Michael Byrne), telah difitnah melakukan pembunuhan dan di penjara (yang sebenarnya didalangi Richelieu).

Demi membersihkan nama pasukan yang dibanggakan sekaligus menguak misteri kematian kedua orang tuanya, D'Artagnan akhirnya berhasil mendapatkan sekutu Francesca (Mena Suvari) yang ternyata adalah dayang kepercayaan sang Ratu (Catherine Deneuve). Bertekad menyelamatkan sang Ratu saat kedatangan Raja dari Inggris, Lord Buckingham (Jeremy Clyde), dari ancaman Richelieu dalam rangka untuk menabur perang antara Perancis dengan Inggris dan Spanyol, sebuah perang yang tak mungkin bisa dimenangkan oleh pihak Perancis. Francesca bergabung dengan D'Artagnan dan tiga Musketeers yang tersisa untuk menyelamatkan Perancis dari kehancuran.