Friday, September 23, 2011

Donnie Darko (2011)

"Donnie Darko" merupakan sebuah film psikologi thriller ditahun 2001 yang disutradarai oleh Richard Kelly dan diproduseri oleh Adam Fields bersama Nancy Juvonen, Sean McKittrick dan Drew Barrymore. Film yang naskahnya juga ditulis oleh Richard Kelly ini berkisah tentang petualangan sang tokoh utama dalam rangka mencari makna hidup dan visinya akan kedatangan hari kiamat. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Jena Malone, Mary McDonnell, Holmes Osborne, Katharine Ross, James Duval, Maggie Gyllenhaal, Drew Barrymore, Patrick Swayze dan Noah Wyle, dirilis pada tanggal 26 Oktober 2001 dan didistribusikan oleh United Artists.

Film ini melakukan screening di Sundance Film Festival pada 19 Januari 2001 dan dirilis secara terbatas di Amerika Serikat (58 layar) akibat peristiwa WTC 9/11. Untuk mempromosikan filmnya, sang sutradara Richard Kelly menulis sebuah buku tentang Donnie Darko, termasuk kata pengantar yang ditulis oleh Gyllenhaal. Tidak hanya itu, dirilis pula figur dari Frank setinggi 15 cm dan 30 cm. Dengan bujet hanya $4.5 juta, film ini bahkan tidak bisa balik modal karena hanya menghasilkan keuntungan worldwide sebesar $4.1 juta. Film ini awalnya nyaris saja menjadi film yang hanya akan dirilis langsung dalam bentuk video, tapi perusahaan produksi milik Drew Barrymore yaitu Flower Films ini memutuskan untuk mengedarkannya. Meskipun gagal secara box office, film ini menerima banyak review, baik dari para kritikus maupun para penonton, hingga menjadikan film ini berpredikat cult. Bahkan, pada tahun 2004, dirilis DVD two disc special edition untuk film yang menempati peringkat ke-9 dalam daftar '50 Films to See Before You Die' ini.


Ringkasan Cerita

Pada tahun 1988, seorang remaja, Donnie Darko (Jake Gyllenhaal) terpaksa bertemu dengan seorang psikiater karena masa lalunya yang bermasalah. Pemuda ini terkadang berjalan dalam tidur dan melihat seekor kelinci yang berpenampilan layaknya setan bernama Frank (James Duval). Makhluk yang hanya bisa dilihat oleh Donnie ini mengatakan bahwa kiamat akan datang dalam waktu 28 hari, 6 jam, 42 menit, dan 12 detik. Esoknya, Donnie berkenalan dengan seorang perempuan bernama Gretchen Ross (Jena Malone). Berkat pesta Halloween yang diadakan oleh Donnie dan sang kakak: Elizabeth (Maggie Gyllenhaal), keduanya pun dekat, Donnie memutuskan untuk mengunjungi Grandma Death bersama dengan Gretchen dan dua temannya. Di tengah jalan, mereka bertengkar dengan dua orang penindas: Seth Devlin (Alex Greenwald) dan Ricky Danforth (Seth Rogen) hingga menyebabkan kematian Gretchen. Lalu, benarkah kiamat akan datang sebentar lagi? Dan, siapakah Frank?

(Sumber: Cinemags Magazine)