Thursday, March 1, 2012

300 (2006)

"300" merupakan sebuah film aksi fantasi epik ditahun 2006 yang disutradarai oleh Zack Snyder, yang juga menjabat sebagai eksekutif produser. Film yang naskahnya ditulis oleh Snyder bersama Kurt Johnstad dan Michael B. Gordon ini diadaptasi dari sebuah komik berjudul sama karya Frank Miller yang terbit tahun 1998, yang menceritakan kembali peristiwa dari Pertempuran Thermopylae, yakni pertempuran antara Pasukan Sparta dengan Persia. Film ini dibintangi oleh Gerard Butler sebagai Raja Sparta, yang bersama dengan 300 prajuritnya yang gagah berani berjuang mati- matian melawan Pasukan Persia yang berjumlah ribuan. Film ini juga dibintangi oleh Lena Headey, David Wenham, Dominic West, Vincent Regan dan Rodrigo Santoro, dirilis pada tanggal 9 Desember 2006 dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

Dihari pertama rilis, film ini meraup pemasukan sebesar $28.106.731, hingga di akhir pekan perilisannya berhasil meraup $70.885.301 di Amerika Utara. Dengan bujet sebesar $65 juta, film ini akhirnya memperoleh pemasukan sebesar $456.068.181 untuk pemutarannya di seluruh dunia.

Alur Cerita

Dilios (David Wenham), seorang prajurit Sparta, menceritakan kisah Raja Sparta, Leonidas (Gerard Butler), dari masa kecilnya hingga menjadi seorang Raja: "Saat Leonidas dilahirkan, layaknya semua orang Sparta, ia diperiksa. Jika ia terlalu kecil atau lemah, sakit atau cacat ia akan dibuang. Sejak pertama Leonidas bisa berdiri, ia dibaptis dalam api tempur, dididik untuk pantang mundur dan pantang menyerah. Leonidas diajarkan bahwa mati dalam perang demi pengabdiannya pada Sparta adalah kemenangan terbaik yang ia capai dalam hidupnya. Di usia 7 tahun (diperankan oleh Eli Snyder), sudah menjadi adat di Sparta, Leonidas diambil dari ibunya (diperankan oleh Marie-Julie Rivest) dan dibuang ke dunia yang keras, diolah lingkungan pejuang Sparta yang berusia 300 tahun untuk menciptakan pejuang terbaik yang pernah dikenal dunia, yang memaksa bocah itu untuk bertarung. Saat berumur 15 tahun (diperankan oleh Tyler Neitzel), Leonidas berkali-kali diuji dengan diterjunkan ke alam liar. Menguji kecerdikan dan ketahanannya menghadapi kejamnya alam. Setelah itu ia kembali ke* tanah airnya, Sparta, sebagai Raja!"

Bertahun-tahun kemudian, seorang utusan dari Persia (diperankan oleh Peter Mensah) tiba di gerbang Sparta, yang menuntut penyerahan Sparta bagi Raja Xerxes. Menanggapi hal ini, Leonidas dan penjaganya menendang utusan tersebut ke dalam sebuah sumur besar. Mengetahui ini akan membuat penyerangan dari Kekaisaran Persia, Leonidas mengunjungi para Ephor, 5 pendeta kuno berpenyakit kusta untuk meminta restu mereka sebelum ijin dari Dewan Spartan mengijinkannya pergi berperang. Leonidas mengusulkan untuk mengusir Pasukan Persia ke celah pegunungan yang akan menjadikannya lebih unggul dengan menggunakan medan Thermopylae (Gerbang Panas), dan menggiring Pasukan Persia ke dalam celah tersebut di antara batu dan laut. Para Ephor kemudian berkonsultasi Sang Oracle, sabda dewa yang menggunakan tubuh seorang gadis bernama Pythia (Kelly Craig), di mana keputusannya adalah Pasukan Sparta tidak boleh pergi berperang karena bersamaan dengan festival keagamaan mereka yang disebut masa Carneia. Leonidas pun akhirnya kembali. Seorang agen dari Persia (diperankan oleh Kwasi Songui), bersama Konsul Spartan khianat bernama Theron (Dominic West) kemudian muncul, yang mdnyuap para Ephor dengan menggunakan selir dan uang.

Leonidas akhirnya melanjutkan rencananya, berangkat hanya dengan 300 prajurit yang dia sebut sebagai penjaga pribadinya untuk menghindar dari izin dewan. Meskipun ia menganggap misi ini sebagai misi bunuh diri, ia berharap pengorbanan itu akan memacu dewan untuk bersatu melawan Persia. Dalam perjalanan ke Thermopylae, Pasukan Arkadia yang dipimpin oleh Daxos (Andrew Pleavin) bergabung dengan Pasukan Sparta. Di Thermopylae, mereka membangun tembok untuk menggiring Pasukan Persia saat mendekat. Saat pembangunan tembok berlangsung, Leonidas memenuhi Ephialtes (Andrew Tiernan), seorang Spartan bungkuk dalam pengasingan bersama orang tuanya saat melarikan diri dari Sparta untuk menghindar dari pembuangannya saat dia masih bayi. Ingin memulihkan nama ayahnya, Ephialtes meminta bergabung dalam pertempuran, ia memperingatkan Leonidas tentang jalan rahasia yang digunakan oleh Pasukan Persia untuk mengepung dan mengelilingi mereka. Meskipun Leonidas bersimpati akan maksud Ephialtes, namun dia tidak bisa memakainya, karena dia tidak dapat memegang perisai dengan benar: ini akan membahayakan formasi phalanx Pasukan Sparta.

Sebelum pertempuran, Pasukan Persia menuntut Pasukan Sparta untuk menjatuhkan senjata mereka. Leonidas menolak, dan dengan formasi phalanx mereka, Pasukan Sparta menggunakan medan sempit untuk berkali-kali menolak dan mendorong tentara Persia yang maju. Xerxes (Rodrigo Santoro) kemudian berunding dengan Leonidas, menawarkan kekayaan dan kekuasaan dengan imbalan kesetiaan dan menyerah. Ketika Leonidas menolaknya, Xerxes mengirimkan pasukan pengawal elit nya, pasukan abadi setangguh Dewa untuk menyerang, namun Pasukan Sparta berhasil mengalahkan mereka dan menderita beberapa korban dari mereka sendiri. Xerxes kemudian mengirimkan sejumlah senjata eksotis ke Spartan, termasuk bom mesiu dan binatang raksasa, namun semua serangan mereka juga gagal. Selama serangan ini, Astinos (Tom Wisdom) terbunuh, yang membuat ayahnya, Kapten Artemis (Vincent Regan), menjadi menggila dan haus darah.

Marah dengan penolakan Leonidas sebelumnya, Ephialtes menuju Persia dan memberitahu mereka tentang jalan rahasia untuk mengepung Pasukan Sparta. Ketika mereka menyadari pengkhianatan Ephialtes, Pasukan Arkadia mundur, dan Leonidas memerintahkan Dilios kembali ke Sparta untuk memberitahu dewan tentang pengorbanan mereka. Meskipun mata kiri Dilios terluka dalam pertempuran, ia masih layak untuk bertempur, namun Leonidas memutuskan untuk menggunakan bakat Dilios untuk menceritakan kisah pertempuran mereka dan mengajukan banding terhadap Dewan Spartan.

Di Sparta, pemerkosaan Theron untuk memeras Ratu Gorgo (Lena Headey), permaisuri dari Leonidas diduga sebagai imbalan atas bantuannya dalam membujuk Dewan Spartan untuk mengirim pasukan bantuan bagi Leonidas. Namun setelah menghadap dewan, Theron mengungkapkan kepada publik dan mengkhianati sang Ratu dengan menuduhnya berzina, sebelum Gorgo membunuhnya karena marah. Belati yang Gorgo gunakan untuk membunuh Theron menembus dompetnya, yang menjatuhkan koin Persia dari jubahnya, dan mengungkapkan peran Theron sebagai pengkhianat. Para dewan pun akhirnya setuju untuk bersatu melawan Persia.

Di Thermopylae, Pasukan Persia berhasil mengepung Pasukan Sparta, di mana Jendral Persia (diperankan oleh Patrick Sabongui) menuntut Pasukan Sparta untuk menyerah, dan sekali lagi menawarkan jabatan dan pujian terhadap Leonidas. Leonidas yang menjatuhkan senjatanya dan tampaknya menundukkan dirinya, memungkinkan Stelios (Michael Fassbender) untuk melompat di atasnya dan membunuh pemimpin Pasukan Persia. Sangat marah, Xerxes memerintahkan pasukannya untuk menyerang. Leonidas segera berdiri dan melemparkan tombaknya kepada Xerxes, yang melukai pipinya hingga berdarah. Pasukan Persia kemudian menghujankan banyak panah yang membunuh semua Pasukan Sparta, termasuk Leonidas.

Melanjutkan kisahnya sebelum Pasukan Sparta pergi ke medan perang setahun setelah Pertempuran Thermopylae, Dilios menceritakan bagaimana tentara Persia mengalami desersi, di mana mereka takut menderita banyak korban di tangan Pasukan Sparta yang hanya berjumlah 300. Berita tentang perlawanan mereka yang gagah berani pun tersebar di seluruh Yunani, menghasilkan persekutuan yang meliputi negara kota Sparta, Athena, Korinthos dan Megara bersatu melawan Persia. Sekarang, Persia menghadapi 10.000 Pasukan Sparta yang bersama 30.000 Pasukan Yunani yang bebas. Meski masih kalah jumlah, Dilios menyatakan bahwa Yunani akan menang dan memuji pengorbanan dari 300 pasukan sebelumnya. Dia kemudian memimpin Yunani bertempur melawan tentara Persia, memulai Pertempuran Plataia.

(Source: Wikipedia)