Wednesday, August 24, 2011

Morning Glory (2010)

Morning Glory merupakan sebuah film drama komedi ditahun 2010 yang disutradarai oleh Roger Michell dan diproduseri oleh J. J. Abrams bersama Bryan Burk. Film yang naskahnya ditulis oleh Aline Brosh McKenna ini dibintangi oleh Rachel McAdams, Harrison Ford, Diane Keaton, Patrick Wilson, Ty Burrell dan Jeff Goldblum, dirilis pada tanggal 10 November 2010 dan didistribusikan oleh Paramount Pictures.

Seperti kebanyakan film bergenre drama komedi, film ini memang wajib memasukkan unsur kisah asmara. Sayangnya kisah asmara yang ada di sini justru sama sekali tak berkesan. Seandainya kisah asmara itu terjadi antara McAdams dan Ford barangkali unsur romantis tadi bakal lebih menarik. Sayangnya ada perbedaan usia yang sangat jauh di antara dua orang pemeran ini.

Dari sisi cerita secara keseluruhan, film ini memang tak muluk-muluk. Film ini mencoba mengungkap apa yang terjadi di luar sorotan kamera di studio televisi. Menarik memang karena tak semua orang bisa membayangkan apa yang terjadi di sana. Tidak lebih dari itu. Tak ada konflik yang terlalu besar yang membuat penonton jadi penasaran tapi meskipun begitu, sang sutradara tetap mampu menyajikan sebuah tontonan yang menarik.

Paling tidak, beberapa joke yang dimunculkan cukup mengena sementara akting para pemerannya juga memadai terutama tiga pemeran utama yang gambarnya menghiasi poster film ini. Film ini memang tak memberikan sesuatu yang baru tapi tanpa sesuatu yang baru itu toh film ini tetap jadi sesuatu yang cukup menghibur. Kalaupun ada yang disayangkan barangkali hanyalah kisah romantis yang seharusnya terjadi antara Wilson dan McAdams justru malah terasa hampa. Chemistry yang kuat justru terbangun antara McAdams dan Ford yang sebenarnya dibatasi oleh hubungan kerja saja. --source: kapanlagi.com, Wikipedia--

Alur Cerita

Becky Fuller (Rachel McAdams), seorang produser acara televisi di Good Morning New Jersey yang baru saja diberhentikan dari pekerjaannya. Meski sudah berusaha bekerja sebaik mungkin, namun Becky tetap tak bisa menghindar dari PHK, begitu juga atasannya bernama Oscar (David Wolos-Fonteno), tak dapat menolongnya karena sudah keputusan dari perusahaan.

Becky kemudian mengirimkan ikhtisar di perusahaan lain dan mendapat panggilan dari sebuah saluran televisi nasional. Di tempat kerja barunya ini, Becky diberikan tanggung jawab oleh Jerry Barnes (Jeff Goldblum) sebagai produser eksekutif pada program 'DayBreak', sebuah acara berita pagi yang ratingnya sedang merosot tajam karena telah bersaing dengan program acara dari NBC, Today. Becky tahu ini adalah ujian pertamanya dan karena itu ia bertekad menaikkan rating program yang menampilkan pembawa acara yang sombong Paul McVee (Ty Burrell) bersama co-host nya Colleen Peck (Diane Keaton) tersebut.

Setelah itu, Becky harus mengganti host baru dan akhirnya memecat McVee dihari pertamanya kerja, dan para pekerja lain di DayBreak pun bertepuk tangan sependapat dengannya. Dia sekarang membutuhkan host baru untuk mendampingi Colleen, dan pilihannya tertuju pada Mike Pomeroy (Harrison Ford), seorang pembawa acara televisi legendaris yang sebenarnya enggan untuk menerimanya. Pomeroy sebenarnya sudah di bawah kontrak untuk DayBreak pada jaringan IBS, namun ia berhasil bebas sementara masih dibayar. Becky menemukan klausul dalam kontrak Pomeroy, kalau dia berkewajiban untuk menerima tawaran pekerjaan resmi ini atau dia kehilangan gajinya.

Pomeroy memastikan bahwa ia hanya akan membawakan berita yang serius dengan menggunakan klausul dalam kontraknya yang memungkinkan baginya untuk menolak tugas-tugas tertentu, termasuk dalam segmen acara memasak. Di saat Pomeroy dan Colleen sedang 'berperang', Becky mulai dekat dengan Adam Bennett (Patrick Wilson), sesama produser di televisi tempat dia bekerja, dan mereka mulai berkencan.

Usaha Becky jadi sulit karena Pomeroy ternyata tak bisa akur dengan Colleen. Saat peringkat acaranya mulai menurun, Jerry mengatakan kepada Becky bahwa jika acaranya tidak segera membaik, jaringan akan membatalkan program DayBreak. Becky kemudian meningkatkan peringkat dengan membujuk Ernie (Matt Malloy) untuk melakukan wawancara berita cuacanya dengan naik kereta luncur tercepat di A.S. bernama "Manhandler". Colleen juga mengungkapkan kepadanya atas minatnya dalam kampanye untuk meremajakan penampilannya, dan muncul di sejumlah segmen bermacam-macam untuk membantu meningkatkan peringkat acara.

Saat rapat staf, Pomeroy ada berita yang ingin ia tampilkan, dan membuat rekan-rekannya terkejut. Ketika Becky memutuskan untuk ikut bersamanya, ia menyadari bahwa ia pergi ke rumah gubernur untuk tujuan yang tidak ia harapkan. Pomeroy berakhir dengan menghadapi gubernur untuk mewawancarai atas tuduhan pemerasan, dan dia berhasil membuat gubernur ditangkap pihak berwenang saat televisi menayangkan secara live. Hal ini membuat peringkat acara DayBreak naik secara drastis.