Monday, April 23, 2012

Horton Hears a Who! (2008)

Horton Hears a Who!, atau dikenal dengan judul Dr. Seuss' Horton Hears a Who! merupakan sebuah film animasi di tahun 2008 yang disutradarai oleh Jimmy Hayward bersama Steve Martino dan Chris Wedge. Aktor komedi Jim Carrey mengisi suara tokoh utama dalam film ini, yakni si gajah Horton. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Dr. Seuss ini mengisahkan petualangan gajah baik hati bernama Horton. Suatu hari Horton mendengar teriakan minta tolong dari sebutir debu. Debu tersebut dihuni keluarga Who, mahluk miskroskopik yang tinggal di Kota Whoville. Horton yang berniat membantu keluarga Who dan rumahnya mendapat tantangan dari para tetangga yang bukan hanya tidak menyukai sahabat barunya, namun juga berniat menghancurkannya. Di sinilah harga sebuah persahabatan dipertaruhkan. Film animasi ini mengajarkan tentang pentingnya menjalin hubungan persahabatan dan penghargaan pada seseorang tanpa memperhitungkan kedudukan atau latar belakang. Selain Carrey, film ini juga akan menampilkan bintang-bintang lainnya sebagai pengisi suara karakter lain yang ada di film ini, diantaranya Steve Carell, Carol Burnett, Seth Rogen, Jesse McCartney, Will Arnett, Dan Fogler, Isla Fisher, Amy Poehler, Selena Gomez, serta Jaime Pressly. Dirilis oleh 20th Century Fox di Amerika Serikat pada 14 Maret 2008, film yang menghabiskan biaya produksi sebesar $85 juta ini dapat meraup total pendapatan sebesar $297,138,014 dari peredarannya di seluruh dunia.  

Alur Cerita

Di sebuah hutan bernama Nool, si gajah yang imajinatif bernama Horton (Jim Carrey), menemukan setitik debu kecil terbang didepannya. Mendengar jeritan kecil meminta tolong yang datang dari debu itu, dia mencoba untuk menangkapnya dan menempatkannya di atas bunga semanggi, dan dia percaya bahwa ada makhluk berukuran mikroskopis yang hidup di titik debu tersebut. Horton mencoba menyapa dengan berteriak, di mana teriakannya telah merambat ke debu melalui awan sampai kesebuah kota kecil yang dihuni oleh para Who. Kota itu bernama Who-ville, yang dipimpin oleh Walikota bernama Ned McDodd (Steve Carell). Walikota Ned memiliki seorang istri bernama Sally (Amy Poehler), 96 putri dan seorang putra bernama Jojo (Jesse McCartney). Meskipun menjadi anak sulung dan akan menggantikan posisi ayahnya sebagai walikota, namun JoJo tidak tertarik dengan hal itu, dan karena tidak ingin mengecewakan ayahnya, dia menjadi jarang berbicara.

Setelah dapat berinteraksi dengan Horton melalui tanduk yang dihubungkan ke pipa, mereka akhirnya menjadi sahabat. Teman-teman Horton tentu saja menganggap cerita Horton itu tidak masuk akal, mereka beranggapan bahwa tidak mungkin ada kehidupan di dalam titik debu sekecil itu, di mana hal yang sama juga dialami oleh Walikota. Walikota menanyakannya pada temannya, Dr. LaRue (Isla Fisher), dan belajar bahwa kota Who-ville akan hancur jika Horton tidak menemukan "tempat yang lebih aman dan lebih stabil" untuk penduduk Who. Horton kemudian memutuskan untuk menempatkan titik debu itu di puncak gunung Nool, tempat yang menurutnya paling aman. Sementara itu, Jane (Carol Burnett), si kanguru sinis yang tidak percaya dengan keyakinan Horton, mencoba agar si gajah menyerahkan titik debu tersebut, namun Horton menolaknya. Jane kemudian membawa Wickersham Bersaudara, sekelompok monyet yang suka mengintimidasi dan membuat kesengsaraan terhadap Horton, dan dia juga meminta kepada seekor burung bangkai bernama Vlad Vladikoff (Will Arnett), untuk menghancurkan titik debu yang dibawa Horton dengan kekerasan.

Setelah beberapa usahanya itu, Jane menemukan bahwa Horton masih memiliki titik debu, dan memutuskan untuk menggalang kekuatan dari semua penghuni hutan untuk menghadapnya, dengan mengatakan kebohongan kepada mereka bahwa tujuan Horton adalah untuk meracuni anak-anak yang mengarah pada anarki. Jane kemudian menawarkan Horton untuk menyerahkan titik debu, namun dia tetap menolaknya. Jane akhirnya memerintahkan hewan-hewan untuk mengikat dan mengurungnya, dan akan membuat kehancuran kota Who-ville saat titik debu tersebut akan dibakar kedalam minyak mendidih, sebagai hukuman karena Horton telah "mengarang cerita tentang makhluk hidup di setitik debu". Mengetahui hal itu, Walikota segera menyuruh seluruh rakyatnya untuk membuat kebisingan dengan berteriak "Kami di sini", serta memainkan berbagai instrumen supaya para hewan dapat mendengarnya, namun semua itu sia-sia, karena hewan-hewan tak dapat mendengarnya. Jane kemudian membawa semanggi dan menjatuhkannya ke minyak mendidih. Namun pada menit terakhir, JoJo meraih tanduk untuk digunakan sebagai proyek suara ke dunia Horton, dia berlari menaiki menara tertinggi dan berteriak, "YOPP!" Menembus hambatan suara sebelum titik debu menyentuh minyak. Anak Jane bernama Rudy (Josh Flitter), meraih semanggi itu dan mengembalikannya kepada Horton, dan menolak perintah ibunya untuk kembali ke kantongnya.

Hewan-hewan akhirnya menyadari bahwa Horton benar, dan berpikir bahwa Jane mencoba untuk menghancurkan semangatnya untuk membangun reputasinya sendiri di hutan Nool. Sementara dipuji oleh komunitas hutan karena integritasnya, Horton mengampuni Jane dan akhirnya percaya bahwa ada makhluk hidup di titik debu. Setelah itu, penduduk Who-ville dan para hewan secara bersama menyanyikan lagu "Can't Fight This Feeling" (single dari REO Speedwagon, yang ada di album 'Wheels Are Turnin'). --source: berbagai sumber--