Thursday, April 5, 2012

Ra.One (2011)

"Ra.One" merupakan sebuah film superhero fiksi ilmiah dari India ditahun 2011 yang disutradarai oleh Anubhav Sinha dan diproduseri oleh Gauri Khan. Film ini dibintangi oleh Shahrukh Khan, Kareena Kapoor, Arjun Rampal, Armaan Verma, Shahana Goswami dan Tom Wu, dirilis pada tanggal 24 Oktober 2011 dan didistribusikan oleh Eros International Ltd. bersama Red Chillies Entertainment.

Inilah proyek terbaru yang sekaligus menjadi pemenuh ambisi mega bintang Bollywood Shahrukh Khan memerankan sosok seorang superhero. Kemunculan film ini juga menambah deretan film-film superhero dari India sebelumnya, seraya menjadikan aktor papan atas Bollywood yang akrab disapa SRK ini mengikuti jejak Hrithik Roshan yang pada tahun 2006 tampil sebagai superhero Krrish. Diinspirasi dari karakter mitologi pewayangan Rawana, Ra.One (singkatan dari Random Acces: Version One) adalah film fiksi ilmiah yang di dalamnya berisikan unsur permainan video game, superhero, dan tentunya sosok supervillain.

Perlu diinformasikan bahwa dalam proses pembuatannya, sang mega bintang mempersiapkan secara serius untuk menjadikan proyek film ini menjadi film berskala raksasa. Selain melakukan sendiri seluruh porsi adegan berbahaya yang dilakoninya, SRK melakukan riset yang sangat luar biasa, di mana demi menghasilkan formula film superhero yang punya potensi besar memuaskan banyak kalangan, ia bersama sang sineas tidak kurang menyaksikan 200 film superhero produksi Hollywood. Bahkan bujet pembuatan film ini juga sangatlah fantastik, yakni $23.75 juta, dan sampai berita ini ditulis, bujet tersebut tercatat sebagai film dengan bujet kedua paling tinggi sepanjang sejarah perfilman Bollywood. Film ini memiliki tampilan visual yang sangat spektakuler dan amat menjanjikan, tidak hanya sebatas film produksi Bollywood, namun untuk ukuran sebuah film superhero kualitas Hollywood sekalipun.

Alur Cerita

Cerita film diawali saat Jenny (Shahana Goswami), seorang karyawan dari perusahaan yang berbasis di Inggris, Barron Industries, memperkenalkan teknologi baru di mana objek dari dunia digital dapat dibawa ke dunia nyata menggunakan transmisi dari perangkat nirkabel.

Shekhar (Shahrukh Khan), seorang karyawan dari perusahaan tersebut diberi kesempatan terakhir oleh pemimpin perusahaan, Barron (Dalip Tahil), untuk membuat sebuah video game yang beda. Dalam upaya untuk membuat putranya Prateek (Armaan Verma) terkesan, dan juga atas permintaan istrinya Sonia (Kareena Kapoor), ia mengambil ide dari putranya untuk membuat permainan dengan penjahat yang tak terkalahkan.

Akashi (Tom Wu) bertugas memindahkan gerakan dari dunia nyata ke dunia digital, Jenny bertugas melakukan pemrograman, dan Shekhar memberikan wajahnya ke karakter protagonis, G.One, sedangkan karakter antagonis Ra.One digambarkan tak berwajah dengan diberikan kekuatan jauh lebih tinggi dari G.One. Permainan memiliki tiga level, dan salah satu karakter pemain hanya bisa dibunuh di level ketiga dengan pistol yang hanya memiliki satu peluru. Saat merancang permainan, Akashi memberitahu beberapa malfungsi dari permainan ini, namun yang lain mengabaikanya. Waktu game ini diluncurkan, ia menerima tepuk tangan dan Prateek menyukainya sehingga dia bersikeras untuk memainkannya. Prateek log dalam permainan dengan nama 'Lucifer'. Saat Prateek memasuki level dua, dia disela oleh Akashi karena waktunya untuk pulang. Ra.One yang tak dapat mengakhiri permainan dengan Lucifer, marah dengan mengatakan bahwa Lucifer akan diburu di dunia nyata dan dia akan mati.

Setelah Prateek meninggalkan permainan, komputer utamanya tidak dapat dimatikan, Akashi memanggil Shekhar dengan mengatakan kalau ada sesuatu yang salah. Ra.One kemudian menggunakan teknologi yang awalnya diperkenalkan untuk memasuki dunia nyata, membunuh Akashi, dan pergi untuk menemukan Lucifer. Shekhar pun bergegas pulang, namun dicegat oleh Ra.One di jalan. Dalam upaya untuk menyelamatkan anaknya, Shekhar mengaku bahwa dia adalah Lucifer. Namun, setelah Ra.One melihat identitas di sakunya, dia segera membunuh Shekhar karena telah berbohong. Setelah melihat kasus kematian ayahnya yang aneh, Prateek menyadari bahwa Ra.One telah datang di kehidupan nyata. Seiring dengan Jenny, dimana dia menuju ruang kerja Shekhar, dan mencoba untuk membawa G.One ke dunia nyata. Sonia kemudian datang, dan meminta Prateek pergi bersamanya untuk pulang ke India. Setelah Ra.One mengambil bentuk sebagai Akashi, dia mengejar Sonia dan Prateek, namun G.One telah memasuki dunia nyata melalui komputer Jenny, dan menolong mereka dengan meledakan gas yang menghancurkan Ra.One dalam bentuk kubus-kubus kecil yang kemudian diratakan di sepanjang jalan, dan mengambil HART-nya. Karena tidak mungkin untuk meninggalkannya, Sonia membawa G.One ke India bersamanya melalui paspor milik suaminya. G.One berjanji bahwa dia akan melindungi mereka dari bahaya apapun. Sementara itu, Ra.One kembali ke kehidupan dan mengambil bentuk manusiawi nya sebagai model yang ada di papan reklame (Arjun Rampal) dan pergi mencari G.One.

Selama pesta ulang tahun Prateek, Ra.One menghipnotis dan menyamar sebagai Sonia, dan menculik Prateek. Dia mengatakan kepada G.One untuk segera memberi H.A.R.T. nya kembali dan mengirim Sonia dalam sebuah kereta yang tak terkendali menuju Mumbai. G.One dapat menyelamatkan Sonia dan kemudian kembali untuk menyelamatkan Prateek. Permainan pun kemudian dilanjutkan, dimana Prateek yang mengendalikan gerakan G.One. Setelah pertarungan panjang, kedua karakter akhirnya mencapai level tiga. Dengan sedikit kekuatan yang tersisa, pasangan melakukan trik, dimana G.One, tertembak oleh Ra.One tanpa HART yang melekat pada dirinya. Marah, Ra.One menciptakan sembilan alternatif dirinya. Prateek yang tidak dapat membedakan Ra.One yang asli, meminta G.One untuk mengutip salah satu ucapan Shekhar yang disimpan dalam folder-nya: ("Jika kamu bergabung dengan kekuatan jahat, bayangan akan selalu mengikuti kamu"). Pasangan ini kemudian menyadari bahwa hanya satu dari sepuluh Ra.One yang memiliki bayangan. G.One menembaknya dan memindahkan dirinya kembali ke dunia digital setelah menyerap kubus-kubus Ra.One. Beberapa bulan kemudian, Prateek dan Sonia kembali ke Inggris, di mana Prateek akhirnya berhasil untuk mengembalikan G.One kembali ke dunia nyata.

(Source: Cinemags & wikipedia)