Tuesday, January 11, 2011

Country Strong (2010)

Setelah tampil dalam sekuel Iron Man bersama Robert Downey, Jr. di tahun 2010 kemarin, aktris peraih Oscar lewat perannya dalam Shakespeare in Love (1998); Gwyneth Paltrow kembali muncul dalam kiprah keduanya di tahun yang sama melalui Country Strong. Film ini digarap oleh Shane Feste, sineas yang pernah menyutradarai salah satu film yang diputar pada Festival Film Sundance 2009; The Greatest. Film yang naskahnya juga ditulis oleh sang sutradara ini terinspirasi dari kehidupan suram penyanyi pop Amerika Britney Spears yang tak pernah lepas dari sorotan media. Selain Paltrow, film ini juga akan dibintangi oleh Tim McGraw, Leighton Meester, dan juga Garrett Hedlund. Mengenai syutingnya sendiri, proses pengambilan adegan dimulai pada awal januari hingga minggu pertama Maret 2010 dengan mengambil lokasi di Nashville, Tennessee. Dirilis pada tanggal 8 November 2010, film yang menghabiskan biaya produksi sebesar $15 juta ini 'hanya' berhasil meraup pendapatan sebesar $20,529,194 dari peredarannya di seluruh dunia.

Alur Cerita

Film ini berkisah tentang penyanyi country berbakat, Kelly Canter (Gwyneth P`ltrow), yang telah melewati kecanduannya dari masalah alkohol melalui pusat rehabilitasi. Ia kemudian bertemu dengan penyanyi sekaligus penulis lagu muda berbakat bernama Beau Hutton (Garret Hedlund). Sosok anggun Kelly akhirnya berhasil memikat hati Beau, namun Beau juga terpukul karena kenyataanya Kelly sudah menikah dengan James Canter (Tim McGraw), yang sekaligus menjadi manajer Kelly. Kelly keluar dari rehabilitasi sebulan lebih awal karena suaminya menginginkan dia mengikuti tur di tiga kota untuk mengembalikan karirnya, dan Kelly pun setuju dengan syarat Beau yang akan menjadi artis pembuka konsernya. Namun James sudah memiliki rencana lain untuk menyaksikan Chiles Stanton (Leighton Meester), seorang ratu kecantikan yang memiliki potensi sebagai penyanyi, yang akan tampil di malam harinya dengan harapan akan menjadi artis pembuka untuk sang istri.

Di malam harinya saat Chiles tampil, terungkap bahwa Beau telah mengenal dia sebelumnya. Penampilan Chiles hampir berantakan saat ia mengalami demam panggung hingga tidak bisa menyanyi, namun Beau menghampirinya dan mulai menyanyikan lagu "Friends in Low places". Keduanya akhirnya menyanyikan lagu tersebut bersama-sama, dan telah memberikan keberanian kepada Chiles untuk tampil sendiri pada tampilan berikutnya. James terkesan dengan penampilan Beau, dan menawarkannya menjadi artis pembuka konser istrinya dengan tampil duet bersama Chiles. Namun Beau sempat tidak setuju sebelum James mengatakan kalau ia mengajaknya karena ia tahu bahwa Beau sangat peduli pada Kelly.

Pertunjukan pertama menjadi bencana: sebelum terjadi Kelly menerima paket berisi boneka bayi berdarah bertuliskan "Pembunuh Bayi"; mengacu pada bayi Kelly yang keguguran ketika ia jatuh dari panggung selama konser terakhirnya di Dallas sebelum dia masuk rehabilitasi, di mana di konser tersebut dia sedang hamil lima bulan dan hasil tes medis menyebutkan bahwa kadar alkohol darahnya mencapai 0.19 yang membuatnya keguguran. Pikiran Kelly pun menjadi kacau, hingga dia mulai minum dan hampir menolak untuk melanjutkan konsernya, namun dia dipaksa tampil oleh sang suami. Kelly mulai menyanyikan lagu "Country Strong" namun menjadi kacau di atas panggung. Dia kemudian mencoba untuk menyanyikan lagu lainnya, "A Fighter", namun sekali lagi menjadi kacau hingga suaminya menghampirinya untuk mengakhiri pertunjukan. Mereka terpaksa mengatakan kepada media di konferensi pers nya, bahwa mereka membatalkan acara karena Kelly keracunan oleh makanan.

Beau mengakhiri hubungannya dengan Kelly, dan mulai menghabiskan lebih banyak waktunya dengan Chiles, yang ketenarannya telah meningkat seiring perjalanan tur, dan keduanya pun akhirnya membentuk sebuah ikatan. Beau kemudian dihadapkan oleh James tentang kondisi Kelly yang semakin memburuk, namun James mengatakan bahwa ia tidak bisa membiarkan karir istrinya selesai seperti saat ini. Beau yang tidak setuju menegaskan kepadanya bahwa Kelly seharusnya masih ada di pusat rehabilitasi dan dia juga mengakui hubungan mereka kepadanya. Marah, James memukulnya di rahang dan meninggalkannya ruangan.

Sebelum pertunjukan berikutnya di Austin, Kelly menjadi mabuk dan tidak dapat tampil di atas panggung. Beau dan Chiles yang tampil sebagai artis pembuka, mereka menyanyikan lagu "Give in to Me" untuk pertama kalinya bersama-sama. J.J. (Jeremy Childs), yang adalah agen dari Kelly, hampir membatalkan tur mereka, namun Kelly membujuknya dengan menawarkan hubungan seks padanya. Beau yang tidak sengaja menyaksikan hal ini membuatnya frustasi terhadap Kelly. Di malam yang sama, Chiles dan Beau akhirnya melakukan hubungan seks, di mana Beau mengakui kalau ia menyukai Chiles.

Di Dallas, Beau memberikan Chiles sepasang anting-anting berbentuk bintang dan memintanya untuk ikut dengannya ke California. Chiles segera mengatakan ya, namun berubah pikiran dan meminta waktu untuk mempertimbangkan tawaran tersebut. Di pertunjukan keduanya Kelly akhirnya bisa tampil, kali ini ia sadar dan telah siap. Di atas panggung, Kelly menyanyikan lagu "Country Strong", "Shake That Thing", dan "Coming Home". Setelah konser, James dan J.J. pun segera mulai membuat rencana kedepan untuknya. Namun di malam itu juga, Kelly melakukan bunuh diri dengan meminum resep obatnya secara overdosis. Dia meninggalkan surat untuk Beau, yang mengatakan bahwa "Cinta dan ketenaran tidak bisa bisa disatukan." Dalam surat itu, dia juga memberikan nasihat kepadanya untuk memilih "cinta". Setelah pemakaman Kelly, Beau menuju ke California.

Ketika sedang bernyanyi di sebuah bar di California, Beau melihat Chiles masuk mengenakan anting-anting yang ia berikan kepadanya. Film berakhir ketika keduanya tampil dengan menyanyikan lagu yang mereka tulis bersama, "Give in to Me".