Tuesday, January 18, 2011

The Dilemma (2011)

Ron Howard adalah sutradara yang filmnya pernah berjaya di ajang Oscar lewat Apollo 13 (1995) dan A Beautiful Mind (2001). Tapi ia akan kembali mencoba genre komedi di tahun 2011 dalam The Dilemma, setelah sebelumnya pernah membesut How the Grinch Stole Christmas (2000). Memasang Vince Vaughn sebagai bintang utamanya, aktor kelahiran 1970 ini tampaknya semakin mantap berada di genre komedi romantis atau komedi saja seperti dalam Old School (2003), Starsky & Hutch (2004), Dodgeball: A True Underdog Story (2004), Couples Retreat (2009) dan Wedding Crashers (2005).

Ketika trailernya rilis, film yang ditulis oleh Allan Loeb ini menyulut kontroversi sebab karakter yang diperankan Vaughn, Ronny, dalam satu adegan mengucapkan satu lelucon yakni; 'Mobil listrik sangat gay'. Beberapa kelompok tersinggung dengan lelucon itu dan menganggapnya tidak pantas. Sementara Howard sendiri menanggapi dengan menarik trailer itu dari peredaran tapi tidak akan merubah adegan apapun dalam filmnya. Menurut sutradara yang pernah bermain dalam serial Happy Days (1974-1984) ini mengatakan bahwa itu hanya lelucon yang membuat karakter Ronny terlihat lucu saja serta mewakili kepribadian serta sudut pandang Ronny dalam melihat suatu masalah. Howard tak ingin menyulut kontroversi tapi ha juga tak mau menyensor filmnya sendiri.

Selain Vince Vaughn yang juga merangkap sebagai produser, film ini juga dibintangi oleh beberapa bintang yang tak asing lagi di belantika perfilman Hollywood. Sebut saja aktor yang membintangi dan memproduseri Zookeeper (2011); Kevin James, aktris yang sebelumnya bermain di film Howard dalam A Beautiful Mind; Jennifer Connelly, aktris yang berperan sebagai Beth MacIntyre dalam Black Swan (2010); Winona Ryder, aktor yang memulai debut layar lebarnya ketika bermain dalam Coach Carter (2005); Channing Tatum, serta aktris kulit hitam yang juga sebagai penyanyi; Queen Latifah.

Dirilis pada tanggal 14 Januari 2011 nleh Universal Pictures, film berbujet $70 juta ini 'hanya' berhasil meraup pendapatan sebesar $70,525,502 dari peredarannya di seluruh dunia.

Sinopsis

Dua teman akrab sejak kuliah, Ronny (Vince Vaughn) yang masih bujangan dan Nick (Kevin James) yang sudah menikah adalah dua sahabat yang tak terpisahkan, mereka saling paham satu sama lain. Apalagi kini mereka adalah partner dalam usaha otomotif bersama. Mereka juga punya pasangan masing-masing, Ronny berpacaran dengan Beth (Jennifer Connelly), dan Nick menikah dengan Geneva (Winona Ryder). Tapi keakraban mereka harus terusik ketika Ronny mengetahui bahwa Geneva seolah terlihat selingkuh. Sebagai sahabat baik ia tak mau melihat Nick disakiti maka ia meluncurkan semacam penyelidikan sendiri mengenai dugaannya itu. Setelah bisa ditebak, penyelidikannya berlangsung kacau dan konyol, bahkan pria yang bersama Geneva ternyata menyeramkan serta terlihat seperti preman. Ini adalah dilema bagi Ronny, di satu sisi ia ingin memberitahu sahabatnya mengenai dugaannya tapi bagaimana? Maka Ronny harus memutar otak untuk mengungkapkannya sebaik mungkin tanpa menyakiti siapapun. --disadur dari majalah cinemags--