Sunday, January 30, 2011

The Rite (2011)

Film arahan sutradara Swedia; Mikael Håfström ini naskahnya ditulis oleh Michael Petroni; yang dikenal sebagai penulis skenario film The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader (2010), yang diadaptasi berdasarkan buku berjudul The Making of a Modern Exorcist karya Matt Baglio yang diterbitkan pada tahun 2009. Kisah yang ada dalam buku ini sendiri berdasarkan kisah nyata, sehingga secara tidak langsung, The Rite dapat dikatakan sebagai sebuah film berdasarkan kisah nyata. Aktor senior peraih Oscar dalam The Silence of the Lambs (1991); Sir Anthony Hopkins, didapuk menjadi salah satu pemeran tokoh sentral, di mana ia akan beradu akting dengan aktor muda Colin O'Donoghue yang melakukan debut layar lebarnya di Hollywood melalui film ini.

Melalui film ini, sutradara Håfström berusaha menawarkan sebuah perjalanan spiritual menegangkan yang mengungkapkan bahwa ternyata iblis sendiri dapat menembus salah satu tempat paling suci di muka Bumi sekalipun. Jelas, The Rite bukanlah salah satu film unggulan berbujet besar; yang menghabiskan biaya produksi sebesar $37 juta, dan masa perilisan di akhir Januari mempertegas hal tersebut. Namun keterlibatan Hopkins menjadi sebuah magnet tersendiri bagi seluruh pecinta film.

Selain dua nama di atas, film ini juga akan dibintangi oleh aktris asal Brasil yang melakukan debut layar lebarnya di Hollywood ketika bermain dalam I Am Legend (2007); Alice Braga, dan juga aktor Inggris yang bermain dalam Dracula 3D (2011); Rutger Hauer.

Perlu Anda ketahui, saat menulis The Making of a Modern Exorcist, Matt Baglio melakukan penelitian terkait dunia eksorsisme, bahkan ia berpartisipasi dalam seminar yang dihelat oleh Vatican. Buku ini mengisahkan tentang Bapa Gary Thomas, pendeta di California yang ditugaskan Uskup setempat untuk menjadi pengusir setan, padahal ia tidak mempercayai hal-hal terkait dunia mistis. Dirilis pada tanggal 28 Januari 2011 oleh Warner Bros., film berbujet $37 juta ini berhasil meraup total pendapatan sebesar $96,047,633 dari peredarannya di seluruh dunia. --source: majalah cinemags-- 

Alur Cerita

Michael (Colin O'Donoghue), yang kecewa dengan ayahnya, Istvan (Rutger Hauer), seorang pemilik rumah jenazah, memutuskan untuk masuk Sekolah Seminari dan mengucapkan kaul (nazar) pertamanya setelah selesai, sehingga dia bisa bebas untuk mendapatkan gelar sarjananya. Empat tahun berlalu dan Michael sedang ditahbiskan sebagai diakon baru di seminari. Namun setelah pentahbisan, ia menulis surat pengunduran dirinya kepada atasannya, Pastor Matthew (Toby Jones), dengan mengutip kekurangan dasar iman dalam dirinya. Matthew kemudian ingin berbicara dengan Michael atas keputusannya dan berusaha untuk mengejarnya di jalan. Di perjalanan, ketika ia berjalan di atas trotoar, sang Pastor menyebabkan seorang wanita yang mengendarai sepeda berbelok ke jalur mobil dan tertabrak mobil yang sedang melaju. Sekarat, wanita tersebut percaya Michael adalah seorang Imam setelah melihat pakaian yang dikenakannya, dan memintanya untuk memberkatinya sebelum meninggal. Tidak menolaknya, Michael melakukan sakramen untuk membebaskan dosa-dosa si gadis.

Melihat bagaimana Michael menangani situasi dengan tenang, Pastor Matthew mengatakan kepadanya kalau dia dipanggil untuk menjadi Imam, meskipun Michael masih ragu. Ia kemudian mendekati Michael dengan mengundangnya bepergian ke Roma untuk menghadiri sebuah kelas pengajaran baru di Vatikan untuk ritual pengusiran setan bagi para Imam. Michael sebenarnya enggan menerima setelah diberitahu oleh Matthew kalau dia berutang $100 ribu lebih untuk pendidikannya di seminari jika ia tetap mengundurkan diri.

Selama di kelas, ia bertemu seorang wanita muda bernama Angelina (Alice Braga), yang juga mengambil kursus. Dia segera belajar bahwa dia adalah seorang wartawan yang meliput kursus tersebut untuk artikelnya. Menyadari Michael yang skeptis dan sangat tentatif terhadap keimanannya, Pastor Xavier (Ciarán Hinds) kemudian meminta Michael untuk menemui teman lamanya, Pastor Lucas (Anthony Hopkins), seorang Serikat Yesus, pengusir setan terkenal dari Welsh. Michael setuju dan menemui Lucas di rumahnya, di mana dia melihat salah satu pasien Lucas, Rosaria (Marta Gastini), seorang gadis berusia enam belas tahun yang sedang hamil.

Setelah itu terungkap bahwa dia hamil melalui hubungan inses dengan ayahnya. Namun Michael tetap skeptis, bahkan setelah dia menyaksikan beberapa peristiwa supranatural, seperti saat Rosaria batuk dengan memuntahkan tiga paku yang panjang dan tiba-tiba dia juga fasih berbahasa Inggris. Michael kemudian berbicara dengan Angelina lagi, dimana Angelina memintanya untuk menyampaikan informasi yang Michael lihat saat bersama Pastor Lucas kepadanya, karena dia sudah berusaha untuk mewawancarainya berkali- kali namun selalu ditolak.

Sementara itu, kondisi Rosaria semakin memburuk, yang mendorong Pastor Lucas dan Michael membawanya ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut, dimana Lucas melakukan eksorsisme lagi kepadanya sementara Michael mengamati. Michael kemudian meninggalkan rumah sakit namun Lucas masih tinggal disana untuk semalam. Saat malam makin Larut, Rosaria mengalami pendarahan yang mengakibatkan dirinya beserta bayinya meninggal. Pesimis, Pastor Lucas merasa ia telah gagal untuk menolong nya. Setelah Michael mengetahui hal ini, dia memutuskan untuk membicarakan dengan Angelina.

Setelah kematian Rosaria, Pastor Lucas mulai bertingkah aneh, menunjukkan tanda-tanda kerasukan setan. Michael dan Angelina kemudian menemukan dia duduk di luar rumahnya dengan hujan-hujanan. Lucas membawa ke rumahnya, dan mengetahui dirinya harus dikurung, Michael mengatakan bahwa ia perlu menemui Pastor Xavier untuk melakukan eksorsisme. Angelina dan Michael berusaha untuk menghubungi dan mencari Xavier, namun mereka belajar bahwa dia pergi bersama dengan keluarganya selama 3 hari, yang akhirnya Michael memutuskan untuk melakukan eksorsisme sendiri, dengan kehadiran Angelina. Setelah dimarahi oleh iblis lewat Pastor Lucas, Michael akhirnya mendapatkan kembali imannya yang hilang dan mampu memaksa setan untuk mengungkapkan namanya, "Ba'al". Dia melengkapi eksorsisme-nya dan setan akhirnya keluar dari tubuh Pastor Lucas. Sukses, Michael meninggalkan Roma dan kembali ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kehidupannya.

Adegan akhir film ini menunjukkan Michael, yang sekarang sudah menjadi Pastor Michael Kovak, memasuki ruang pengakuan dan mulai mendengar pengakuan seorang gadis, dan mengungkapkan bahwa ia telah menemukan panggilannya sebagai Imam dan tidak jadi mengundurkan diri.