Monday, December 27, 2010

True Grit (2010)

True Grit merupakan sebuah film western ditahun 2010 yang ditulis dan disutradarai oleh Joel Coen dan Ethan Coen. Film yang juga diproduseri oleh Coen bersaudara bersama Steven Spielberg dan juga Scott Rudin ini, diadaptasikan dari novel dengan judul sama karya Charles Portis yang diterbitkan pada tahun 1968, yang sebelumnya sudah difilmkan pada tahun 1969. Film ini dibintangi oleh Hailee Steinfeld, Jeff Bridges, Matt Damon, Josh Brolin, dan Barry Pepper, dan dirilis pada tanggal 22 Desember 2010. Film ini dinominasikan untuk sepuluh kategori di Academy Awards termasuk: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Aktor Utama Terbaik (Bridges), Aktris Utama Terbaik (Steinfeld), Pengarah Seni Terbaik, Sinematografi Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Best Sound Mixing, dan Best Sound Editing.

Alur Cerita

Seorang gadis berusia 14 tahun, Mattie Ross (Hailee Steinfeld), yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya yang dibunuh secara sadis oleh seorang pengecut dan juga orang upahan ayahnya bernama Tom Chaney (Josh Brolin), dimana ia juga membawa kabur kuda beserta dua emas California milik ayahnya.

Mattie kemudian menanyakan kepada Sheriff (Leon Russom) setempat tentang pencarian Chaney. Setelah mengetahui bahwa Chaney telah kabur ke wilayah Indian, Sheriff tak punya hak untuk melacak buronan di sana, dimana Chaney sudah menjadi urusan U.S. Marshal. Karena marshal tak punya staf yang baik dan jujur, Chaney ada di ujung daftar buronan yang panjang. Sang Sheriff kemudian memberitahu tiga orang marshal pilihan, dan Mattie akhirnya memilih untuk menyewa Rooster Cogburn (Jeff Bridges), seorang marshal bermata satu yang digambarkan tangguh, tak memiliki belas kasihan dan tak takut apa-apa. Cogburn berulang kali berupaya untuk tidak berbicara dengannya karena dianggap masih kecil, hingga Mattie menawarkan kepadanya upah sebesar $50 kepadanya, namun Cogburn tidak percaya dia mempunyai uang dan menolaknya. Mattie kemudian mencari uang dengan melakukan perdagangan kuda-kuda ayahnya dengan Colonel Stonehill (Dakin Matthews), seorang yang sebelumnya juga melakukan bisnis dengan ayahnya.

Sementara itu, seorang Texas Ranger bernama LaBoeuf (Matt Damon), tiba untuk melacak jejak Chaney. LaBoeuf mengejarnya karena Chaney telah membunuh seorang senator negara bagian di Texas. Setelah bertemu Mattie, LaBoeuf menawarkan ikut bergabung bersama dengan mereka. Setelah Cogburn menyetujui pelayanannya dengan imbalan sebesar $100, Mattie bersikeras bertemu dengannya keesokan harinya untuk ikut mencari Chaney. Namun pada saat mereka bertemu, Cogburn meninggalkan tiket kereta api dan sebuah catatan yang menyuruh Mattie kembali pulang, sementara ia mengejar Chaney sendiri bersama LaBoeuf.

Karena bersikeras ikut bersama untuk mengejar Chaney, kuda Mattie berenang menyeberangi sungai untuk mengikuti Cogburn dan LaBoeuf yang akan berangkat. Mereka bertiga akhirnya berangkat, dan dalam perjalanan, Mattie belajar bahwa Cogburn dan LaBoeuf telah memiliki sepakat untuk membagi hadiah untuk menangkap Chaney yang akan dibawanya ke Texas, bukannya ke Arkansas atas kesepakatannya, dan Mattie menuduhnya sebagai penipuan. Setelah berselisih, Cogburn akhirnya menerima kesepakatan Mattie dan membuat LaBoeuf pergi meninggalkan mereka. Setelah itu, saat dalam pengejaran geng Lucky Ned (Barry Pepper), yang diduga dengan siapa Chaney bepergian, keduanya bertemu Foster (Ed Corbin), seorang yang mengaku sebagai dokter di wilayah Indian, yang memberitahu gubuk kosong untuk mereka bermalam. Mereka menemukan dua penjahat menempati gubuk tersebut, Quincey (Paul Rae) dan Moon (Domhnall Gleeson). Saat Cogburn menanyakan kepada mereka tentang keberadaan Ned, Moon ditusuk oleh Quincey yang tidak ingin dia memberitahu keberadaan Ned, dimana Cogburn kemudian menembak Quincey. Sebelum Moon meninggal, dia sempat mengatakan bahwa Ned dan gengnya berencana untuk ke gubuk di malam itu.

LaBoeuf kemudian tiba di gubuk sebelum geng, namun Ned dan gengnya tiba sebelum Cogburn dapat memperingatkan LaBoeuf. Cogburn terpaksa meluncurkan tembakan kepada dua anggota geng beserta kuda yang ditunggangi Ned, namun tembakannya juga tak sengaja melukai LaBoeuf. Cogburn telah banyak minum wiski di siang hari berikutnya dan bertengkar dengan LaBoeuf saat mereka berangkat melanjutkan perjalanan. Keesokan paginya, saat mengambil air di sungai terdekat, Mattie bertemu Chaney. Dia menembaknya, namun Chaney dapat bertahan. Pistol salah arah saat Mattie mencoba untuk menembaknya lagi, dan Chaney menyeretnya untuk menemui Ned, yang memaksa Cogburn meninggalkan mereka dengan mengancam untuk membunuhnya. Karena keterbatasan kuda, Ned pergi meninggalkan Chaney dan menyuruhnya tetap tinggal ditempat itu bersama Mattie sampai dia kembali membawa kuda untuknya. Ned juga memperingatinya agar tidak menyakiti Mattie atau dia tidak akan dibayar.

Sekali lagi Chaney mengkhianati Ned, dan mencoba untuk membunuh Mattie, dimana LaBoeuf kemudian muncul menyelamatkannya. Ternyata ketika LaBoeuf mendengar suara tembakan ia kembali dan bersama Cogburn untuk menyusun rencana. Mereka menyaksikan Cogburn menghampiri Ned dan gengnya, menewaskan dua anggotanya dan melukai Ned sebelum kudanya sendiri tertembak jatuh, dimana kaki Cogburn terperangkap disitu. Sebelum Ned dapat membunuh Cogburn, LaBoeuf meluncurkan tembakan kepadanya dari kejauhan dan membunuhnya. Chaney kemudian datang menyerang LaBoeuf dengan menjatuhkannya. Mattie merebut senapan LaBoeuf dan menembak Chaney tepat di dadanya, yang membuatnya jatuh ke tebing untuk kematiannya. Karena tembakannya, Mattie tak sengaja jatuh ke dalam lubang yang dalam, di mana disana terdapat seekor ular derik. Cogburn tiba dan menolongnya, namun Mattie telah digigit ular tersebut sebelum keluar. Cogburn segera melakukan perjalanan jauh untuk membawa Mattie ke dokter, dimana dia terpaksa menggendongnya setelah mengetahui kudanya tidak bisa meneruskan perjalanan karena kelelahan.

Dua puluh lima tahun kemudian, Mattie (Elizabeth Marvel) - yang sekarang sudah berumur 40-an dan hanya memiliki satu tangan, akibat dari amputasi yang diharuskan karena 'bisa' dari gigitan ular - menerima surat dari Cogburn disertai dengan sebuah brosur, yang mengatakan kalau dia ikut pertunjukan Wild West. Ketika Mattie tiba di lokasi, dia belajar bahwa Cogburn telah meninggal tiga hari sebelumnya. Dia kemudian memindahkan jasadnya ke pemakaman keluarganya agar selalu bisa dikunjunginya.