Wednesday, March 2, 2011

The Illusionist (2010)

The Illusionist (L'Illusionniste) merupakan film animasi drama komedi di tahun 2010 yang disutradarai oleh Sylvain Chomet. Film ini mengadaptasi kisahnya berdasarkan sebuah naskah cerita yang dibuat oleh sutradara dan komedian Perancis, Jacques Tati pada tahun 1956 yang belum pernah diproduksi sebelumnya hingga akhirnya putri Tati, Helga Marie-Jeanne Schiel memberikan naskah tersebut pada Chomet. Karakter utama film ini adalah versi animasi, dari animasi Tati oleh Laurent Kircher. Cerita berkisar tentang perjuangan tukang sulap yang mengunjungi sebuah komunitas terisolasi dan bertemu dengan seorang wanita muda yang yakin bahwa dia adalah seorang penyihir nyata. Film ini awalnya Tati bermaksud akan ditetapkan di negara Cekoslowakia, lalu Chomet merekolasi film ini untuk negara Skotlandia pada tahun 1950-an. Menurut sutradara, "Cerita film ini bukan cinta, ini lebih berhubungan antara seorang ayah dan seorang putri".
Naskah cerita itu sendiri merupakan sebuah surat cinta Tati bagi putrinya sebagai perwujudan rasa bersalah Tati yang amat mendalam akibat membiarkan terbangunnya jarak dalam hubungan keduanya yang dikarenakan masalah perkerjaan yang selalu menyita waktu Tati. Wajar jika Chomet kemudian memilih untuk memenuhi gambar-gambar film ini dengan warna-warna kelam yang merefleksikan kegalauan dan kepedihan hati Tati. Hal ini yang mungkin akan membuat sebagian dari para penonton muda, yang biasanya selalu menjadi pasar utama bagi film- film animasi, akan kurang mampu menikmati film ini.

Sinopsis

Film ini mengenalkan penontonnya pada seorang tukang sulap yang sudah berumur, Tatischeff (Jean-Claude Donda). Dia merantau dari tempat ke tempat dari bar ke panggung untuk tampil dan mencari nafkah. Di saat yang bersamaan, group band Rock 'n Roll mulai bermunculan dan menjadi sensasi dimana-mana. Orang- orang mulai berpaling mencari hiburan ke konser Rock 'n Roll. Dimana sebuah pertunjukan seorang pesulap tidak lagi mampu menarik penonton sebanyak sebuah pertunjukan musik, Tatischeff menerima tawaran untuk tampil di sebuah bar kecil yang berlokasi di sebuah kota terpencil Skotlandia, dimana warga lokal disitu merayakan pertama kalinya listrik tersedia di kampung mereka. Pertunjukan tersebut menjadi kali pertama dalam beberapa tahun terakhir bagi Tatischeff dimana semua penontonnya merasa sangat antusias dengan pertunjukan yang ia tampilkan. Pertunjukan tersebut juga mengenalkan Tatischeff pada Alice (Eilidh Rankin), yang akan merubah hidupnya. Alice yang bekerja di pub sebagai pelayan tersebut, terpukau melihat penampilan Tatischeff. Ia percaya bahwa trik Tatischeff adalah nyata. Ia mulai mendekati Tatischeff dengan menyucikan bajunya hanya untuk meminta bantuannya, walau mereka tidak berbicara dengan bahasa yang sama.

Begitu kagumnya Alice pada Tatischeff, Alice akhirnya mengikuti perjalanan Tatischeff ke Edinburgh. Tatischeff yang kaget akhirnya merasa kasihan dan mereka berdua tinggal di sebuah apartemen dimana tetangga mereka adalah pemain sirkus, akrobatik, dan tukang pantomim yang sudah putus asa. Bagi Alice, kemampuan Tatischeff adalah suatu hal yang nyata. Rasa kagum ini terus bertambah ketika seluruh keinginan Alice mampu dipenuhi oleh Tatischeff - suatu hal yang bagi Alice merupakan sebuah keajaiban, namun bagi Tatischeff adalah sebuah usaha yang membutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya. Walaupun tidak mengharapkan sesuatu yang istimewa dari Alice, lama- kelamaan Tatischeff menjalin hubungan yang spesial dengannya, menyerupai sebuah hubungan ayah dan anak sebagai perwujudan dari sebuah masa lalu Tatischeff tentang seseorang yang ia sayangi dan ia simpan dengan erat di memorinya.

Justru ketika Tatischeff tidak punya semangat untuk bekerja, Alice yang baru dikenalnya menjadi tujuan ia hidup. Seiring Tatischeff semakin tua, Alice pun bertumbuh dewasa. Tatischeff dengan sukarela bekerja mati-matian untuk membahagiakannya, itulah pengorbanan yang akan dilakukan seorang ayah bagi anaknya.

Tapi apakah Alice akan tetap berharap pada Tatischeff yang sebenarnya triknya adalah tipuan dan tidak nyata. Manusia tidak bisa hidup di atas kebohongan. Tatischeff yang sudah tua sudah susah mendapat pekerjaan. Alice pun tak diduga ditaksir seorang pemuda lokal, mereka pun menjalin hubungan erat dan Alice dan Tatischeff mulai jarang bertemu. Ini menggambarkan hubungan anak dan ayah yang mulai retak dimana sang anak mulai dewasa dan mencari pelajaran hidup baru selain dari keluarganya.