Tuesday, March 15, 2011

Mars Needs Moms (2011)

Image Movers Digital, studio yang mengerjakan visualisasi film animasi ini, awalnya di tahun 1997 bernama Image Movers saat pertama kali berdiri. Studio yang dimiliki oleh Walt Disney Company ini dipimpin oleh Robert Zemeckis dan sejak pertama kali dibentuk studio ini sudah menghasilkan banyak film berkualitas diantaranya Cast Away (2000), Matchstick Men (2003), dan The Polar Express (2004). Setelah menyelesaikan Beowulf (2007), studio ini ditutup tetapi kemudian dibeli oleh Walt Disney Company dan berubah nama menjadi Image Movers Digital (IMD).

Di tahun 2009, IMD merilis film pertamanya dengan menggunakan teknologi performance capture berjudul A Christmas Carol (2009). Sayangnya di bulan Maret tahun lalu studio ini kembali akan ditutup terhitung setelah mereka menyelesaikan film terbarunya di tahun 2011 yaitu Mars Needs Moms ini. Film ini mempercayakan kursi sutradara sekaligus skenario cerita kepada Simon Wells yang dikenal lewat film The Prince of Egypt (1998). Dengan menggunakan teknologi performance capture yang sebelumnya juga pernah digunakan, IMD mencoba menghadirkan pengalaman seperti yang pernah dihadirkan lewat A Christmas Carol. Sedangkan untuk ide ceritanya, Simon mengadaptasi cerita dari buku yang ditulis oleh Berkeley Breathed berjudul Mars Needs Moms!. Breathed adalah penulis dan juga kartunis asal Amerika peraih Pulitzer yang menghasilkan banyak buku.

Sedangkan untuk jajaran pengisi suaranya, film ini akan menampilkan suara Seth Green, Dan Fogler, Elisabeth Harnois, Mindy Sterling, Tom Everett Scott, Dee Bradley Baker, dan Joan Cusack. Dirilis pada tanggal 11 Maret 2011, film yang menghabiskan biaya produksi sebesar $150 juta ini 'hanya' berhasil meraup pendapatan sebesar $39,549,758 dari peredarannya di seluruh dunia. --source; majalah cinemags--
Alur Cerita

Banyak anak yang menganggap ibunya adalah ibu yang paling menjengkelkan di dunia. Termasuk Milo (Seth Green, melalui suara dari Seth Dusky), yang berumur 9 tahun, merasa sudah tak sanggup lagi hidup dengan segala aturan yang dibuat oleh ibunya (Joan Cusack), di mana ayahnya (Tom Everett Scott) juga tidak pernah punya waktu untuknya karena sibuk dengan pekerjaannya. Baginya ibunya adalah orang yang paling menjengkelkan di seluruh dunia. Dia harus Membuang sampah, harus makan sayur dan masih banyak lagi aturan yang menurut Milo tak penting, termasuk kalau dia tidak mau makan brokoli, dia tidak boleh nonton TV, dan menyuruhnya tidur lebih awal. Namun Milo belum menyadari betapa berharganya seorang ibu untuknya. Setelah perselisihan sengit dengan ibunya, Milo tanpa sadar mengucapkan: "hidupku akan jauh lebih baik kalau aku tidak punya ibu." Tentu saja ibunya sangat terkejut dan sedih.

Malam itu juga, keinginannya menjadi kenyataan ketika ibunya diculik oleh para makhluk luar angkasa dari planet Mars, yang berencana untuk mengambil ingatannya yang akan ditaruh di program 'robot pengasuh' untuk membesarkan anak-anak mereka. Penduduk Mars yang dipimpin oleh atasan mereka yang kejam, the Supervisor (Mindy Sterling), sebelumnya telah mengamati para ibu di Bumi melalui satelit mereka, dan kemudian memilih ibu Milo berdasarkan kemampuannya untuk mengawasi anaknya dengan ketat.

Untuk menyelamatkan ibunya, Milo menyelinap ke pesawat luar angkasa yang membawa ibunya. Setelah tiba di Mars, Milo terkunci dalam sel penjara, namun dia berhasil melarikan diri melalui saluran pembuangan sampah bawah tanah di mana ia bertemu dengan seorang ahli-teknologi yang tinggal ditempat itu yang ternyata adalah seorang manusia bernama Gribble (Dan Fogler). Gribble kemudian membantunya menyusun rencana untuk menyelamatkan ibu Milo agar dapat kembali ke bumi sebelum waktu malam di bumi habis. Sayangnya, rencana tersebut menjadi berantakan ketika di sebuah pos pemeriksaan, para makhluk Mars menangkap Milo dan mengetahui tempat persembunyian Gribble, namun Milo dapat melarikan diri. Sementara bersembunyi dari para penjaga, Milo bertemu dengan seorang gadis Mars yang memiliki sifat pemberontak bernama Ki (Elisabeth Harnois). Milo segera kembali ke tempat persembunyian Gribble, dan menemukan dia telah tertangkap. Setelah dapat menyelamatkannya, Gribble mengaku kepada Milo tentang bagaimana ia tiba di Mars; 25 tahun yang lalu, ibu Gribble terpilih oleh para makhluk Mars sebagai contoh baik untuk program 'robot pengasuh' mereka. Seperti Milo, Gribble menyelinap ke dalam pesawat ruang angkasa, namun dia gagal untuk menyelamatkan ibunya dan akhirnya terdampar di Mars.

Setelah Ki berhasil menemukan Milo dan Gribble di pembuangan sampah bawah tanah, mereka menemukan sebuah lukisan yang ada di gua kuno yang menunjukkan keluarga makhluk Mars di masa lalu, yang seperti keluarga manusia di Bumi. Setelah menghindari para penjaga dan mengambil pesawat ruang angkasa, Milo berhasil membangunkan ibunya dan menyelamatkannya, namun ketika mereka berdua melarikan diri keluar menuju permukaan Mars, the Supervisor muncul, yang akan membunuh mereka sebelum Gribble dapat menyerangnya, yang menyebabkan tembakan apinya menghancurkan helm ruang angkasa yang dipakai Milo untuk perjalanannya.

Tanpa helm ruangnya, Milo mulai tidak dapat bernafas, namun ibu Milo memberikan helm ruang yang dipakainya. Meskipun Milo dapat selamat, namun kehidupan ibunya telah dipertaruhkan. Gribble yang tidak ingin melihat anak lain di Bumi kehilangan ibunya, dia berhasil menemukan helm ruang lain yang terpendam di dataran dan dapat menyelamatkan ibu Milo, yang menunjukkan kepada makhluk Mars satu hal yang mereka abaikan tentang para ibu di bumi: cinta untuk anak-anak mereka, di mana Milo meminta maaf kepada ibunya apa yang dilakukan sebelumnya. The Supervisor menyerang lagi dan saat ia akan segera menangkap kembali mereka, Ki mengungkapkan foto dari lukisan gua kuno dan menunjukkan bahwa the Supervisor telah menipu mereka, yang menyebabkan mereka berbalik melawan the Supervisor dan memenjarakannya.

Ki dan Gribble kemudian mengembalikan Milo dan ibunya ke Bumi tepat sebelum ayah Milo pulang ke rumah. Karena telah memiliki perasaan terhadap Ki, Gribble memutuskan untuk tinggal di Mars dan akhirnya kembali ke sana. Di bawah kepemimpinan baru; Gribble dan Ki, mereka memperkerjakan para makhluk Mars pria dan wanita bersama-sama untuk membesarkan anak-anak mereka.