Thursday, February 24, 2011

Inception (2010)

Inception merupakan sebuah film fiksi ilmiah di tahun 2010 yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Michael Caine. DiCaprio berperan sebagai Dom Cobb, seorang mata-mata khusus. Pengembangan film ini dimulai sekitar sembilan tahun sebelum Inception dirilis. Pada tahun 2001, Nolan menulis 80 halaman skenario tentang cerita ini, yang idenya ini di presentasikan untuk Warner Bros. Cerita awalnya direncanakan untuk dijadikan sebuah film horor.
Ia merasa harus memiliki pengalaman lebih di film berskala besar, Nolan memilih untuk bekerja untuk film Batman Begins, The Prestige, dan The Dark Knight. Dia menghabiskan enam bulan memoles script untuk Inception sebelum Warner Bros membelinya pada bulan Februari 2009. Film ini membentang di enam negara dan empat benua, dimulai di Tokyo pada tanggal 19 Juni 2009, dan terakhir di Kanada pada akhir November 2009.

Biaya film ini secara resmi dianggarkan sebesar $160 juta, dengan biaya yang dibagi antara Warner Bros dan Legendary Pictures. Reputasi Nolan yang sukses dengan menggarap The Dark Knight membantu mengamankan film ini dengan menghasilkan $100 juta dalam promosinya. Peluncuran perdana film ini di London pada 8 Juli 2010, dan dirilis di IMAX teater pada tanggal 14 Juli 2010. Film ini menerima 8 nominasi penghargaan pada Academy Awards, termasuk Best Picture, Original Screenplay (Nolan), dan Cinematography (Pfister). Selain hasil dari box office yang kuat, film ini juga menghasilkan $68.644.403 pada penjualan DVD.

Ringkasan Cerita

Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan partnernya Arthur (Joseph Gordon-Levitt) adalah dua orang CEO di sebuah perusahaan besar. Di sisi lain Cobb punya ambisi lebih dari itu dan berencana mengatur perusahaan sekehendak hatinya namun Cobb tak mau melakukannya dengan cara tradisional. Ia bermaksud memasuki alam mimpi orang lain untuk memanipulasi mereka tanpa mereka sadari. Dalam menjalankan misinya, Cobb bersama timnya berhasil menemukan teknologi untuk memasuki mimpi orang lain dan mengaturnya seperti yang mereka kehendaki.

Sayangnya di saat yang bersamaan Cobb harus berurusan dengan istrinya Mal (Marion Cotillard) yang ternyata lebih suka tinggal di alam mimpi daripada dalam kehidupan nyata dan ia berusaha meyakinkan Cobb untuk tetap tinggal di alam mimpi ini. Celakanya lagi untuk mencapai harapannya ini, istri Cobb nekat bunuh diri di alam mimpi yang akhirnya membuat Cobb harus berurusan dengan hukum karena kematian yang terjadi di alam mimpi itu.

Cobb didekati oleh Mr. Saito (Ken Watanabe), pengusaha kaya yang meminta Cobb dan timnya untuk melakukan inception, yaitu menanamkan suatu pemikiran kedalam pikiran seseorang melalui mimpinya. Saito pun ingin menanamkan sebuah pemikiran kepada pengusaha saingannya Robert Fischer (Cillian Murphy) yang akan mewarisi perusahaan ketika ayahnya Maurice Fischer (Pete Postlethwaite) yang sedang sekarat. Gagasan yang ingin ditanamkan adalah agar  Robert melepaskan diri dari kerajaan bisnis bapaknya dan memulai bisnis sendiri dari awal, atau dengan kata lain mencegah bisnis bapaknya berkembang lebih besar, memonopoli, dan tentu saja mengancam bisnis Saito. Jika Cobb berhasil, Saito berjanji untuk membersihkan Cobb dari tuduhan pembunuhan atas kematian istrinya, memungkinkan Cobb untuk masuk kembali ke Amerika Serikat dan bersatu kembali dengan anak-anaknya.

Cobb merekrut anggota tim yang terdiri dari (selain Arthur dan dia sendiri): Eames (Tom Hardy) yang mempunyai keahlian mengubah wujud fisiknya di dalam mimpi, ahli kimia yang ahli dalam hal obat- obatan sedatif (semacam obat penenang) Yusuf (Dileep Rao), dan Ariadne (Ellen Page) seorang arsitek yang bertugas merancang dunia mimpi.

Di dunia mimpi itulah, Cobb dihantui oleh bayang- bayang almarhumah istrinya. Parahnya, bayang-bayang Mal dalam kepala Cobb ini tidak hanya menghantui pikirannya, tapi juga menyabotase misinya. Di suatu adegan, ketika diam-diam Ariadne menyusup ke dalam mimpi Cobb, Cobb terpaksa meninggalkan Amerika dan kedua anaknya untuk menghindari tuduhan pembunuhan.