Monday, April 18, 2011

Big Mommas: Like Father, Like Son (2011)

Big Mommas: Like Father, Like Son merupakan sebuah film komedi ditahun 2011 yang disutradarai oleh John Whitesell dan diproduseri oleh David T. Friendly. Film yang naskahnya ditulis oleh Matthew Fogel bersama Don Rhymer ini merupakan installment ketiga dari seri film Big Mommas, dan juga sekuel dari Big Momma's House (2000) dan Big Momma's House 2 (2006). Film ini dibintangi oleh Martin Lawrence, Brandon T. Jackson, Jessica Lucas, Ana Ortiz, Tony Curran, Faizon Love dan Portia Doubleday, dirilis pada tanggal 18 Februari 2011 dan didistribusikan oleh 20th Century Fox.

Film ini dimaksudkan untuk merubah seri dengan tokoh utama baru dan menarik bagi penonton remaja sebagai target penonton film, walaupun film sebelumnya Big Momma's House 2 lebih berorientasi pada keluarga. Film ini mulai diputar di bioskop pada tanggal 18 Februari 2011.
Sebuah video musik berjudul Imma Do It Big dirilis pada tanggal 9 Februari 2011. Lagu ini dinyanyikan oleh T Jackson bersama One ChanceT-Pain.

Apakah kisah komedi wanita jadi jadian harus sampai dibuat dalam tiga film? Tapi menurut para produser franchise Big Mommas, itu perlu. Bahkan dalam film ini tak hanya komedian Lawrence yang berdandan seperti ibu-ibu tapi anak karakternya, Malcom Turner; Trent Pierce yang juga didandani dengan baju dan dandanan wanita. Hasilnya bisa ditebak, yakni lelucon kasar berbau seks yang akan membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Kalau dalam dua film sebelumnya yang menjadi sorotan adalah Malcolm, kali ini ia berbagi dengan Trent.

Sudah jelas, dengan memasukkan dua wanita jadi-jadian di film ini sepertinya produser ada harapan bahwa film yang hanya mengandalkan lelucon kasar ini akan dibuat sekuelnya. Tampaknya nanti karakter Charmaine akan mendapat film sendiri, meneruskan 'perjuangan' Big Momma sebagai wanita jadi-jadian. Dilihat dari cerita, filmnya tampak 'terinspirasi' film klasik Some Like it Hot di mana dalam Hot kisahnya adalah dua musisi pria yang kabur karena menjadi saksi pembunuhan mafia lalu menyamar menjadi wanita untuk bergabung dalam band musik khusus wanita. Bedanya Hot dipuji karena ceritanya menarik serta mengorbitkan Marilyn Monroe, sedangkan yang ini entah mau dibawa kemana. Yang jelas film jenis ini cocok sebagai pelepas stress karena akan membuat Anda tertawa terbahak-bahak.

Alur Cerita


Seorang agen FBI Malcolm Turner (Martin Lawrence) sangat gembira mengetahui bahwa anak tirinya, Trent (Brandon T. Jackson) diterima masuk Universitas Duke. Namun Trent tidak tertarik dan malah menginginkan ayahnya untuk menandatangani kontrak rekaman bagi dirinya karena ia belum cukup umur. Ketika Malcolm menolaknya, Rembrandt (Marc John Jefferies), teman bandnya di "Prodi-G" mengusulkan untuk menjebak ayahnya pada saat dia sibuk bekerja untuk mendapatkan tanda tangan tersebut. Dalam upaya Malcolm untuk menangkap anggota geng Rusia bernama Chirkoff (Tony Curran), dia menggunakan seorang informan bernama Canetti (Max Casella) untuk memberikan flash disk untuk geng, sementara Trent berupaya untuk menjebak Malcolm pada saat bertugas tersebut. Canetti mengungkapkan bahwa flash disk tersebut palsu dan yang asli tersembunyi pada temannya di Sekolah Seni Khusus Perempuan Georgia. Saat bertemu dengan geng, Chirkoff mengetahui kalau Canetti sedang bekerja sama dengan FBI untuk menipunya, dan dia pun terbunuh, dimana Trent menyaksikan pembunuhan tersebut. Malcolm segera menyelamatkan Trent dan mereka melarikan diri. Namun karena mobil Trent tertinggal di TKP, anggota geng melacak mereka dan Malcolm terpaksa menyembunyikan Trent dengan melakukan penyamaran.

Malcolm akhirnya menyamar kembali sebagai Big Momma tua yang jelek, dan Trent menyamar sebagai keponakan perempuannya bernama Charmaine. Big Momma mengambil pekerjaan sebagai seorang ibu asrama di Sekolah Seni Khusus Perempuan Georgia, sementara Charmaine terdaftar sebagai siswi disana. Dikelilingi oleh wanita muda yang menarik, Trent akhirnya dapat berteman dengan seorang gadis bernama Haley Robinson (Jessica Lucas). Kepala sekolah kemudian mengumumkan bahwa kotak musik antik telah dicuri dari perpustakaan, dan Malcolm menyimpulkan bahwa kotak musik tersebut mungkin berisi flash disk yang dicari oleh Chirkoff. Sementara untuk menyelidiki perpustakaan, Big Momma bertemu dengan satpam Kurtis Kool (Faizon Love), yang mencoba untuk merayunya saat dia minta ijin untuk menyelidiki perpustakaan. Melihat foto Curtis bersama Canetti, Malcolm menyadari bahwa dia adalah berteman, dan dia mencoba untuk mengetahui lebih lanjut tentang kotak musik.

Sementara itu, anggota geng mendekati teman-teman Trent; Rembrandt dan Scratch (Brandon Gill), yang menyamar sebagai produser rekaman dan mendorong dua anak tersebut untuk memberitahu keberadaan Trent.

Charmaine kemudian merencanakan pertemuan antara Haley dan dirinya sendiri (Trent), meskipun dia ragu kalau Haley akan tertarik padanya yang tampak egois dimata Haley sebagai penyanyi rap alias Trent. Charmaine akhirnya kembali ke bentuk sejatinya sebagai Trent untuk bertemu dengan Haley dan kencan berjalan dengan baik, namun pertemuannya dengan Rembrandt dan Scratch menyebabkan anggota geng mengikuti mereka. Trent kemudian berjanji akan membantu Haley melakukan duet dengannya di pertunjukan "Showcase" nya pada hari berikutnya, dan keduanya saling berciuman sebelum berpisah. Sebelum anggota geng dapat menangkap Trent, ia menyamar menjadi Charmaine kembali dan dapat menipudaya mereka.

Belajar dari sebuah transaksi antara dua siswi dan Curtis, Big Momma mencoba untuk menggoda Curtis dalam rangka untuk menangkapnya karena telah mencuri kotak musik. Namun transaksi rahasia tersebut hanyalah transaksi seekor ayam jago yang dicuri dari sekolahan St. Ignatius. Selama pertemuan inilah, Malcolm mengungkapkan identitas sejatinya kepada Curtis. Setelah memperoleh dukungan dari beberapa siswi dengan menawarkan nasihat bijak untuk kenyamanan mereka, Big Momma akhirnya belajar bahwa kotak musik sebenarnya dicuri oleh Haley untuk belajar musik.
Ketika Trent akan melakukan duetnya bersama Haley, Malcolm menyuruh Trent untuk mempertahankan penyamarannya sebagai Charmaine, dan mencoba untuk melakukan duet dengan Haley sebagai Charmaine, hanya untuk diketahui penyamarannya. Haley pun marah dan segera pergi dari pertunjukan, anggota geng kemudian datang dan mengejar Trent.

Trent sengaja menarik perhatian mereka saat ia mencoba untuk mengejar Haley untuk menjelaskan soal penyamarannya. Haley akhirnya mengerti, namun anggota geng mengejar dan menodongkan senjata kepada mereka. Big Momma datang dan memberi kesempatan mereka untuk kabur, namun ketiganya tertangkap lagi dan penyamaran Malcolm pun terungkap. Chirkoff berusaha untuk membunuh Malcolm, namun Curtis tiba dengan Taser Gun untuk melumpuhkan Chirkoff. Trent dan Haley berdamai, dan Malcolm menandatangani kontrak rekaman Trent hanya untuk dirobeknya dan dia mengungkapkan kalau rencana barunya adalah kuliah.