Tuesday, April 5, 2011

Hop (2011)

Hop merupakan sebuah film animasi ditahun 2011 oleh Universal Studios dan Illumination Entertainment. Film ini digarap oleh sutradara yang pernah membesut film Alvin and the Chipmunks (2007); Tim Hill . Sedangkan naskahnya ditulis oleh kreator film Despicable Me (2010); Cinco Paul. Film yang akan dirilis 1 April 2011 ini turut dibintangi oleh James Marsden, Kaley Cuoco, Elizabeth Perkins, Gary Cole, dan disuarakan oleh Russell Brand, Hugh Laurie, John Cohen dan Hank Azaria. Film ini merupakan gabungan antara live action dengan CGI, kali ini Tim membuat karakter kelinci yang tidak hanya bisa bicara, tapi juga jago banget main drum! Di sisi lain, film ini merupakan film kedua dari studio Illumination yang tahun lalu memproduksi film animasi Despicable Me hingga mampu menuai pujian dan sukses di tangga box office dunia. Ketika dirilis, film ini berada dipuncak daftar film terlaris di jajaran box office di akhir pekan pertamanya, dengan meraup pemasukan sebesar $37,5 juta di Amerika Utara. Film tentang kelinci muda yang menyukai musik ini melompat ke urutan pertama melampaui Source Code (2011) dan Insidious (2010). Dengan menghabiskan biaya produksi sebesar $63 juta, Hop akhirnya berhasil meraup total pendapatan sebesar $183,953,723 dari peredarannya di seluruh dunia. Nampaknya Illumination akan menjadi studio 'kuda hitam' yang mampu mengalahkan dominasi Pixar dan Dreamworks yang sudah lebih dulu menguasai pasar film animasi dunia.

Sinopsis

Di Easter Island, Easter Bunny atau EB (Russell Brand), seorang kelinci remaja, dimaksudkan untuk menggantikan pekerjaan ayahnya (Hugh Laurie) mengurus usaha sebagai Kelinci Paskah di Rabbit Goverment. Namun, EB mengikuti panggilan hatinya, dia nekad pergi ke Hollywood untuk mengejar impiannya menjadi drummer. Sedangkan perjuangan kelinci muda ini untuk mencari rumah tidak berhasil, dia meminta pemilik industri hiburan khusus dewasa Playboy, Hugh Hefner untuk membawanya ke rumahnya, Playboy Mansion. Ayahnya mengirim penjaga kerajaan, The Pink Berets, untuk menemukan anaknya ini.

Saat mengembara ke Los Angeles, EB berurusan dengan Fred O'Hare (James Marsden), Fred yang pengangguran dan pemalas secara tak sengaja menabrak EB saat ia sedang dalam perjalanan pulang. Pura-pura cedera, EB yang merasa dicederai lantas memaksa Fred untuk membawanya pulang agar ia bisa beristirahat sampai ia pulih lagi seperti semula. Awalnya Fred keberatan namun sepertinya ia sudah tak bisa menghindar lagi. Dengan berat hati Fred pun membawa EB pulang. Sayangnya, EB menyebabkan masalah di rumahnya dan Fred mencoba untuk meninggalkan dia di padang gurun. Namun, EB membujuk manusia untuk membantu dia dengan mengklaim sebagai Kelinci Paskah. Kesempatan pun datang, produser terkenal David Hasselhoff membuka audisi untuk ajang unjuk bakat. Tidak ingin melewatkan moment ini, EB datang ke audisi untuk menunjukkan keahliannya bermain drum. Ternyata David tidak menyukai bakat EB, tapi sangat mencintainya! David berencana untuk menjadikan EB bintang terkenal di seluruh dunia.

Saat semuanya terlihat sempurna, masalah besar mulai datang. Di rumahnya, Easter Island, ayah EB dikudeta oleh sepasukan ayam kecil yang dipimpin oleh Chick Carlos (Hank Azaria) yang ingin menghancurkan Paskah. EB yang mulai sadar akan keselamatan ayahnya dan Paskah yang terancam, meminta bantuan Fred untuk menyelamatkan semuanya sebelum terlambat. Mampukah EB dan Fred menyelamatkan Rabbit Goverment?