Monday, April 18, 2011

Rio (2011)

Rio merupakan sebuah film animasi 3D ditahun 2011 yang termasuk film keenam dari Blue Sky Studios. Judul film ini mengacu pada nama kota di Brasil, Rio de Janeiro, dan juga sebagai tempat film ini ditetapkan. Film ini disutradarai oleh Carlos Saldanha, dan pengisi suara untuk karakter- karakter dalam film ini termasuk Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, George Lopez, Jake T. Austin, Tracy Morgan, Jemaine Clement, Leslie Mann, will.i.am, dan Jamie Foxx. Film ini diproduksi oleh beberapa produser diantaranya John C. Donkin, Bruce Anderson dan Chris Wedge, yang dirilis pada tanggal 8 April 2011 di Brasil, dan pada tanggal 15 April 2011 di Amerika Utara melalui Blue Sky Studios dan oleh 20th Century Fox sebagai distributornya.

Untuk sutradara Saldanha, film ini adalah film personal, sebab ia lahir di Brazil sehingga bisa dikatakan ia sedang mempromosikan kampung halamanya sendiri. Saldanha bukan orang baru dalam dunia film animasi, ia pernah menyutradarai film Ice Age yang bernuansa komedi juga. Tentunya memasang nama-nama beken sebagai pengisi suara bukan sekedar strategi penjualan saja. Saldanha sendiri mengatakan bahwa ia menciptakan profil untuk tiap karakter dan mencoba mencocokkan banyak nama aktor dengan karakternya. Khusus untuk Hathaway, sutradara kelahiran Brasil itu melihat beberapa klip dari film Rachel Getting Married, dan beberapa filmnya. Lalu sutradara ini juga melakukan banyak tes sebelum memutuskan aktor yang mana menyuarakan karakter apa.

Uniknya Hathaway dan Eisenberg hanya berinteraksi di studio saja dalam proses pengisian suara. Tapi bukan berarti mereka adalah dua orang yang tidak saling mengenal sebelumnya secara pribadi, Hathaway dan Eisenberg pernah bermain dalam serial TV Fox tahun 1999 berjudul Get Real di mana mereka berperan sebagai adik dan kakak. Dalam proses pembuatannya, salah satu adegan yang rumit adalah menciptakan adegan karnaval di Rio yang melibatkan banyak karakter. Selain itu, bentuk animasi yang tersulit yakni membuat animasi bulu burung sesuatu yang besar untuk studio animasi Blue Sky anak perusahaan Fox yang berdiri tahun 1987 lalu.

Kisahnya sendiri diinspirasi kejadian nyata yang terjadi tahun 2002 lalu dimana seorang wanita di Denver, Colorado mengakui memiliki burung lanka spix macaw. Ketika sang wanita memberitahu dokter hewan khusus burung. Sang penerima telepon tak begitu saja percaya tapi langsung terkejut ketika melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa sang wanita memiliki burung yang dilindungi dan sangat langka itu. Bahkan sang dokter menganggap bisa jadi itu satu-satunya burung spix macaw di Amerika Serikat.

Di alam raya, burung jenis ini sudah punah dan hanya ada 60 ekor yang dilindungi dan disimpan di tempat pemeliharaan. Sang dokter lalu berhasil melobi wanita itu dan dengan pendekatan pada pihak imigrasi, sang burung dikembalikan ke habitat asalnya, Brazil. Dengan rating PG, sepertinya film ini aman ditonton anak-anak dan bisa jadi meraup keuntungan yang besar sebab kalau anak-anak menonton di bioskop tentunya akan didampingi orangtua mereka.

Sinopsis

Disebuah hutan dekat kota Rio de Janeiro, Brazil, seekor burung terbang dan bernyanyi, sementara ada juga seekor anak burung kakao (Spix macaw) yang belum bisa terbang. Beberapa burung, termasuk kakao tersebut, diculik oleh penyelundup, dan dibawa ke Moose Lake, Minnesota di Amerika Serikat. Kotak yang berisi anak burung tersebut sengaja dibiarkan di jalan, di mana ia ditemukan oleh seorang gadis bernama Linda (Leslie Mann), dan diberi nama "Blu".

Lima belas tahun kemudian, Linda yang kini tinggal di sebuah toko buku kecil di Moose Lake bersama dengan Blu (Jesse Eisenberg), yang masih belum bisa untuk terbang. Kemudian kekasih Linda, yang seorang ilmuwan dari Brazil, Tulio (Rodrigo Santoro), mengatakan kepada Linda bahwa Blu adalah jenis burung kakao terakhir, dan ia harus membawanya ke Rio, supaya dapat pasangan seekor burung berjenis kelamin wanita untuk bisa melestarikan spesiesnya.

Di Rio De Janeiro, Blu bertemu seekor burung macaw betina, Jewel (Anne Hathaway), dan Blu kemudian tertarik kepadanya, dan Jewel melarikan diri saat itu juga. Kemudian ditempat penampungannya, burung-burung tersebut diserbu oleh beberapa penyelundup untuk menculik Blu dan Jewel yang dibantu oleh burung kakatua, Nigel (Jemaine Clement), burung yang agak sadis dan memiliki aksen Jamaika yang kental, yang menyamar sebagai seekor burung sakit- sakitan. Di antara penculik adalah Fernando (Jake T. Austin), seorang remaja Brasil, anak dari keluarga miskin, yang hanya membantu penyelundup untuk mendapatkan uang. Blu dan Jewel ditangkap dan dirantai bersama. Lucunya disitu, Nigel memperkenalkan dirinya kepada mereka melalui lagu, menjelaskan bahwa ia pernah akan digunakan untuk menjadi seekor burung yang tampil di acara TV, tetapi digantikan oleh burung parkit yang jauh lebih menarik. Karena itulah Nigel memelihara kebencian terhadap burung eksotis seperti Jewel, dan karena itu juga ia membantu penculik untuk menangkap Blu dan Jewel. Setelah itu, Blu dan Jewel berhasil melarikan diri dengan masih terantai. Ketika mereka melarikan diri, Nigel mengejar mereka melalui daerah kumuh di Rio, dan setelah Nigel kehilangan jejak mereka, Blu dan Jewel tersesat di hutan terdekat.

Di hari berikutnya Blu dan Jewel bertemu dengan keluarga burung jenis Toco Toucan. Sang ayah dari keluarga burung Toco Toucan tersebut, Rafael (George Lopez), membawa mereka untuk mendatangi temannya seekor bulldog, Luiz (Tracy Morgan), yang bisa melepaskan rantai yang mengikat Blu dan Jewel. Rafael juga mencoba untuk mengajari Blu untuk terbang. Kepala kelompok burung-burung tersebut menuju kota, di mana mereka bertemu dengan seekor burung Red-crested Cardidal bernama Pedro (will.i.am) dan temannya burung kenari kuning yang mungil Nico (Jamie Foxx), dimana Blu sempat bertemu dengannya sebelum bertemu dengan Jewel.

Sementara itu, Nigel meminta bantuan kepada sekelompok monyet pencuri dan raja mereka Mauro (Brian Baumgartner), untuk menemukan Blu dan Jewel. Linda dan Tulio juga mencoba untuk menemukan Blu, dibantu oleh Fernando yang sudah menyesal atas perbuatannya sebelumnya.

Di Rio inilah Blue dan beberapa burung lainnya mengalami berbagai macam kejadian khas Brasil seperti pantai yang cerah dan diisi banyak wisatawan dan karnaval yang meriah. Apakah Blu bisa berjodoh dengan Jewel dan akan bisa meneruskan keturunan speciesnya? Dan apakah Linda juga dapat menemukan Blu? TONTON SAJA FILM nya, oke....