Saturday, April 30, 2011

Chloe (2009)

Untuk keseluruhan film ini telah dibiayai oleh StudioCanal, yang berbalik modal melalui finance film internasional. Pada tahun 2009, film ini mendapat nominasi penghargaan dari berbagai festival film internasional untuk kategori film yang disajikan. Sony Pictures Worldwide Acquisitions Group membayar sejumlah tujuh-angka rendah untuk mendapatkan hak mendistribusikan film ini di Amerika Serikat, dan film ini dibuka dengan di rilis di bioskop terbatas di Amerika Serikat pada tanggal 26 Maret 2010 melalui Sony Pictures Classics. Di Amerika Serikat, film ini meraup pemasukan sejumlah $3 juta dan menjadi salah satu film khusus dengan pemasukan tertinggi pada tahun 2010. Di atas kertas, film ini memang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, film ini dibuat berdasarkan film berjudul Nathalie... (2003) yang beredar di tahun 2004 lalu. Versi aslinya sendiri sempat mendapat banyak pujian dari para kritikus film dan bisa jadi prestasi ini ikut 'menular' pada versi remake-nya. Lalu ada Atom Egoyan yang dipercaya menjadi sutradara film bergenre thriller ini. Nama Atom sendiri adalah nama yang sangat diperhitungkan di dunia film, terutama sejak ia membuat film Exotica di tahun 1994 lalu. Nama yang disebut sebagai penulis naskah pun tak bisa diremehkan, di mana Erin Cressida Wilson sempat jadi pembicaraan di kalangan film setelah ia sukses menulis naskah film Secretary (2002) dan Fur (2006).

Didukung dengan nama- nama besar seperti Julianne Moore, Liam Neeson, dan Amanda Seyfried, lengkap sudah nilai plus film ini. Hasilnya, memang tak mengecewakan meski sebenarnya tak lebih bagus dari versi aslinya yang berbahasa Perancis. Chemistry antara tiga pemeran utama ini terbentuk dengan baik meski sebenarnya ketiganya tak benar-benar berinteraksi secara bersamaan. Kalaupun ada yang sedikit jadi ganjalan barangkali adalah ending film ini yang tak sebanding dengan bagian pembuka dan tubuh dari film ini sendiri. Bisa jadi berbedanya ending dan tone dari film ini sendiri adalah masalah bisnis. Bukan tak mungkin studio ikut campur tangan dalam proses pembuatan untuk memastikan investasi mereka bisa kembali, plus keuntungan dari penjualan tiket.

Alur Cerita

Film ini dibuka dengan Chloe (Amanda Seyfried), yang sedang merias dirinya di depan cermin. Dijelaskannya, usahanya sebagai seorang gadis panggilan, ia harus bisa menyenangkan kliennya dengan kata-kata dan sikapnya.

Catherine (Julianne Moore) adalah seorang dokter kandungan yang sukses, sementara suaminya, David (Liam Neeson) adalah seorang dosen perguruan tinggi yang sedang mengajar di luar kota. Tanpa mereka sadari karier mereka telah membuat hubungan mereka jadi makin renggang. Ditambah lagi dengan Michael (Max Thieriot), putra mereka, yang mulai menginjak remaja dan sering menjadi masalah dalam keluarga mereka. Suatu ketika, Catherine berencana membuat pesta ulang tahun untuk David, namun tiba-tiba saja David mengatakan kalau ia tak bisa pulang karena terlambat sampai di bandara. Dari sini mulai muncul kecurigaan Catherine kalau David berselingkuh, apalagi setelah Catherine melihat foto David sedang memeluk siswi di ponselnya.

Dimalam harinya, David dan Catherine keluar untuk makan malam dengan dua temannya. Saat di restoran, David sempat menggoda pelayan restoran yang malah membuat Catherine makin curiga kalau David memang benar-benar selingkuh. Dia segera menuju kamar kecil, disitu Catherine sempat bertemu dan berbicara dengan Chloe. Di restoran tersebut Chloe sedang bersama kliennya sebagai wanita panggilan.

Setelah bekerja, Catherine berhenti di bar sebuah hotel tempat Chloe menghabiskan sebagian besar waktunya menunggu kliennya. Pertemuan mereka berdua memunculkan ide gila di benak Catherine. Dia membayar Chloe untuk menggoda David dengan maksud menguji kesetiaan suaminya ini. Dia ingin Chloe pergi ke kedai kopi untuk menemui suaminya di pagi hari dan menguji kesetiaannya. Malam berikutnya Catherine dan Chloe bertemu di bar. Chloe menceritakan kepada Catherine soal pertemuannya dengan David, bahwa David memintanya untuk menciumnya, dan dia melakukannya. Marah, Catherine mengatakan kepada Chloe bahwa bukan itu yang seharusnya ia lakukan. Namun Catherine ingin Chloe bertemu dengan suaminya lagi.

Malam berikutnya, Chloe menceritakan kepada Catherine bahwa dia pergi bersama David ke sebuah taman di mana David menggodanya, dan cerita tersebut membuat Catherine patah hati. Sekali lagi, dia ingin Chloe bertemu dengan suaminya kembali. Dan keesokan harinya, Catherine menerima pesan teks dari Chloe di tempat kerjanya untuk meminta menemuinya di sebuah hotel. Ketika tiba, Chloe menceritakan bahwa dia melakukan hubungan seks dengan David. Dia menceritakan pertemuannya dengan David secara mendetail. Tidak hanya membuat Catherine lebih dari patah hati, namun juga membuatnya membangkitkan gairahnya, sehingga Catherine melampiaskannya dengan mencium Chloe, dan membuat Chloe kaget bercampur senang.

Saat Catherine dan David menghadiri pertunjukan Michael bermain piano, dia duduk agak jauh dari David, dan dia merencanakan pertemuannya dengan Chloe. Dia meninggalkan Pertunjukan tersebut untuk menemui Chloe di sebuah hotel dan melakukan hubungan seks dengannya. Setelah itu, pulangnya Catherine dan Chloe menumpang taksi bersama. Sebelum turun dari taxi, Chloe menawarkan sebuah jepit rambut kepadanya, Chloe mengatakan itu adalah milik ibunya, dan ia ingin Catherine memilikinya. Catherine tidak berkomentar tapi dia mengambil jepit rambut itu. Catherine memasuki rumahnya untuk mencari David yang sudah menunggunya. David bertanya padanya apakah dia sudah tidak setia. Catherine menjadi marah dan mengatakan pertanyaan yang sama kepada David, namun David tidak menjawab.

Sore berikutnya, Catherine tiba di kantornya setelah makan siang untuk mencari beberapa panggilan telepon yang tak terjawab, dan email dari Chloe dengan foto mereka saat di tempat tidur bersama. Catherine kemudian menelepon Chloe dan saat itu juga Chloe sedang ada di kantornya dengan membawa bunga. Kemudian Chloe bertanya padanya apakah ia menikmati melakukan seks pada malam itu. Karena malu, Catherine mengakui bahwa ia melakukan itu karena bisnis, dia juga mau membayarnya untuk pekerjaan yang ia lakukan. Chloe meninggalkan kantor Catherine dengan menangis karena sakit hati. Untuk balas dendam, Chloe pergi ketempat latihan hoki Michael untuk merayunya.

Malam itu Catherine dan David pergi ke kedai kopi, di mana Catherine menuntut David untuk mengakui kalau dia selingkuh. David mengakui bahwa ia berbohong kepadanya tapi bohong untuk menghindari pesta ulang tahunnya (karena dia tidak ingin merayakan hari ulang tahunnya), tetapi dia menyangkal kalau dituduh berselingkuh. Chloe tiba-tiba datang dihadapan mereka dan David benar-benar tidak mengenal siapa Chloe. Chloe sadar kalau itu adalah jebakan, dan dia langsung meninggalkan mereka. Catherine juga baru menyadari bahwa Chloe sebenarnya mencintainya, dan cerita-cerita perselingkuhannya dengan David adalah kebohongannya agar dia bisa bersamanya.

Catherine meminta maaf kepada David karena dia tidak percaya padanya dan juga mengaku kalau dirinya sudah melakukan hubungan seks dengan Chloe. David kaget namun dia bisa memahaminya. Kemudian mereka berdua saling merangkul dan berciuman.

Karena cemburu, Chloe pergi ke rumah Catherine dan berhubungan seks dengan Michael di tempat tidur Catherine dan David. Catherine tiba di rumah untuk menemukan mereka. Chloe mengatakan pada Catherine bahwa "uang tidak cukup untuk membuatnya pergi dari kehidupannya". Catherine meminta maaf dan bertanya kepada Chloe apa yang ia inginkan. Chloe meminta ciuman terakhir dan Catherine menurutinya. Michael kemudian melihat apa yang sedang terjadi, Catherine terkejut dan menyebabkan Chloe terdorong keluar dari jendela kamar dan jatuh kebawah yang membuatnya meninggal.