Saturday, April 16, 2011

Thor (2011)

Thor merupakan sebuah film superhero ditahun 2011 yang disutradarai oleh Kenneth Branagh dan diproduseri oleh Kevin Feige. Film yang naskahnya ditulis oleh Ashley Edward Miller bersama Zack Stentz dan Don Payne ini diadaptasikan dari sebuah karakter buku komik dengan nama sama karya Stan Lee, Larry Lieber dan Jack Kirby yang diterbitkan oleh Marvel Comics, dan juga merupakan film keempat yang dirilis oleh Marvel Cinematic Universe. Film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Stellan Skarsgård, Colm Feore, Ray Stevenson, Idris Elba, Kat Dennings, Rene Russo dan Anthony Hopkins, dirilis pada tanggal 21 April 2011 di Australia dan pada tanggal 6 Mei 2011 di Amerika Serikat, dan didistribusikan oleh Paramount Pictures.

Meskipun boleh dibilang belum mencapai tahap sangat memuaskan, umumnya film-film yang mengetengahkan sepak terjang superhero Marvel berhasil meraih pencapaian menguntungkan dari segi finansial serta menorehkan prestasi yang lumayan di jajaran box office, pada masa peredarannya. Film-film superhero Marvel juga memiliki karakteristik lebih sederhana, folourful, dan lebih no brainer dibandingkan kisah kepahlawanan superhero DC, yang sejak era Tim Burton sudah memiliki kecenderungan storyline yang lebih kelam dan lebih dewasa.

Usai mengangkat jagoan-jagoan paling populernya satu demi satu ke layar lebar (Spider-Man, Iron Man, The Incredible Hulk, dan Wolverine) mudah diprediksi kalau Marvel harus memutar otak agar mereka bisa mengimbangi kiprah para superhero saingannya; DC yang sukses memikat golongan penonton dewasa dan merubah wajah ideal visualisasi bagaimana film superhero masa kini. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, untuk mengisi tahun 2011 ini, Marvel Studios kembali meramaikan percaturan film dunia dengan film bertema superheronya yang akan unjuk gigi, di mana kali ini, salah satunya adalah giliran Thor. Inilah langkah Marvel berikutnya, untuk menuju proyek ambisius raksasa mereka; The Avengers; proyek film yang memungkinkan Marvel mempertemukan superhero-superhero besar mereka dalam satu frame film.

Guna mempermudah perealisasiannya, pihak Marvel mau bersusah payah untuk membuatkan film-film perseorangannya terlebih dahulu, sekaligus sebagai ajang perkenalan, di mana dalam kiprah-kiprah solonya, terdapat keterkaitan satu sama lain. Sama halnya dengan koleganya yakni Captain America, tanda-tanda kemunculan Thor sudah dirintis di proyek film Marvel sebelumnya; Iron Man 2. Kala itu adegan penghujung sekuel Iron Man tersebut menampilkan sekilas adegan Mjolnir (palu godam senjata khas Thor) tertancap di dekat sebuah lubang besar yang misterius. Film ini akan menyoroti asal usul Thor sebagai salah satu superhero pelindung umat manusia dan bagaimana sejarahnya ia bisa berjumpa dengan Iron Man dan Captain America, di mana nantinya mereka sepakat membentuk grup koalisi superhero; The Avengers. Tokoh Nick Fury yang diperankan oleh Samuel L. Jackson, dan telah muncul sebelumnya di dua film Iron Man bakalan muncul, sekaligus menjadi penghubung film ini dengan The Avengers. Kemunculan Jackson ini merupakan bagian dari paket kesepakatan sang aktor dengan pihak Marvel, di mana Jackson akan memerankan tokoh agen S.H.I.E.L.D. itu dalam sembilan judul film superhero Marvel. Komikus super kondang Marvel, Stan Lee yang menciptakan Thor pada tahun 1962, bakal muncul cameo sebagai supir truk yang berulang kali mencoba mencabut palu Mjolnir keluar dari kepundan - tempat senjata Thor itu menancap - namun upayanya selalu berujung dengan kegagalan. --source: majalah cinemags--

Alur Cerita

Film dimulai kilas balik pada tahun 965 Masehi di Tonsberg, Norwegia, dimana terjadi perang antara raja Asgard, Odin (Anthony Hopkins) bersama prajuritnya para Asgardian yang melawan pasukan para Raksasa Beku dari Jotunheim yang dipimpin oleh rajanya bernama Laufey (Colm Feore), untuk mencegah Laufey dan pasukannya yang ingin menghancurkan Sembilan Alam di jagad raya, yang dimulai dari Bumi. Para Asgardians akhirnya dapat mengalahkan mereka dan juga dapat mengambil sumber kekuatan mereka, Casket of Ancient Winters.

Beberapa tahun kemudian, putra Odin; Thor (Chris Hemsworth) bersiap untuk naik tahta di Asgard, namun terganggu ketika pasukan Raksasa Beku mengobrak abrik Asgard untuk mengambil Casket tersebut. Tanpa sepengetahuan Odin, Thor melakukan perjalanan ke Jotunheim untuk menyerang balik menghadapi Laufey dan pasukannya. Thor didampingi oleh saudaranya Loki (Tom Hiddleston), teman baiknya Sif (Jaimie Alexander) dan Tiga Ksatria Asgard; Volstagg (Ray Stevenson), Fandral (Joshua Dallas) dan Hogun (Tadanobu Asano). Pertempuran pun terjadi sampai Odin turun tangan untuk menyelamatkan mereka. Atas tindakan arogan yang dilakukan Thor tersebut, mengakibatkan pecahnya perang kuno yang sudah lama berakhir. Sebagai hukumannya, Odin mengambil semua kekuatannya Thor, dan mengasingkannya ke Bumi untuk menjalani hidupnya sebagai orang biasa. Namun, dibumi Thor masih memiliki senjata pemberian ayahnya; Mjolnir, sebuah palu godam yang sebelumnya Odin telah memantrainya hanya bisa digunakan jika Thor layak menggunakannya.

Setelah itu di New Mexico, ilmuwan bernama Jane Foster (Natalie Portman) bersama asistennya Darcy Lewis (Kat Dennings) dan mentornya Dr. Erik Selvig (Stellan Skarsgard), tiba-tiba menemukan dan menabrak Thor. Mereka pun langsung membawanya ke rumah sakit. Sementara palu Mjolnir yang dibuang Odin bersama Thor ditemukan warga sekitar tak jauh dari tempat dia jatuh yang langsung menjadi pusat perhatian warga karena tak ada seorangpun yang mampu mengambil palu tersebut. Hal ini langsung mendapat perhatian pemerintah oleh agen SHIELD yang dipimpin oleh Coulson (Clark Gregg). Coulson pun segera menyita dengan paksa data-data yang di peroleh Jane tentang lubang cacing yang ditinggalkan oleh Thor di Bumi. Setelah Thor menemukan lokasi palu Mjolnir tersebut, dia berusaha untuk mengambilnya dari fasilitas yang segera dibangun oleh SHIELD, namun ia menemukan dirinya tidak mampu untuk mengangkatnya dan akhirnya dia ditangkap. Dengan bantuan Selvig, Thor dibebaskan dan memulai fase barunya sebagai manusia biasa untuk mencari arti tentang hidup serta bersikap sebagai ksatria sejati guna memperoleh kekuatannya kembali. Disaat itulah, Thor mulai mengembangkan kisah cintanya dengan Jane.

Loki akhirnya menemukan dirinya sebenarnya adalah anak Laufey, yang diadopsi oleh Odin setelah perang berakhir. Odin yang mengalami stres akan hal itu dan juga atas pengasingan Thor, dia pun jatuh terlelap dalam "Tidur Odin" yang memungkinkan dia takkan dapat bangun lagi. Loki kemudian menjadi raja dan menawarkan Laufey kesempatan untuk membunuh Odin dan mengambil Casket milik bangsanya. Sif dan Tiga Ksatria tidak puas dengan aturan Loki, mereka berusaha untuk mengembalikan Thor dari pengasingannya. Mereka kemudian meyakinkan Heimdall (Idris Elba), sang penjaga gerbang Bifrost (Jembatan Pelangi Asgard), sebuah jalan antara dua dunia untuk menuju ke bumi. Mengetahui rencana mereka, Loki mengirimkan Destroyer ke bumi untuk mengejar mereka dan membunuh Thor. Sif dan Tiga Ksatria akhirnya bertemu Thor, namun Destroyer menyerang dan mengalahkan mereka hingga membuat Thor menawarkan dirinya sendiri kepada Destroyer sebagai gantinya, dimana pengorbanan Thor tersebut membuktikan kalau dia layak untuk memegang Mjolnir. Palu pun kembali kepadanya, memulihkan kekuatan dan memungkinkan dia untuk mengalahkan Destroyer. Mencium Jane sebagai ucapan selamat tinggal dan berjanji untuk kembali, Thor dan teman-teman Asgardiansnya kembali untuk menghadapi Loki.